Community Care & Development2018-08-07T00:47:18+00:00

Community Care & Development

Bidang Community Care and Development merupakan ide program dari Ketua Umum Yayasan Hadji Kalla, Fatimah Kalla. Visi utamanya adalah untuk meningkatkan kemandirian masyarakat menuju kehidupan Keluarga yang bahagia, sehat dan sejahtera. Program ini lebih mengutamakan pada pendampingan masyarakat pedesaan dan perkotaan untuk menaikkan taraf kehidupan. Selain itu bentuk layanan yang lain dari Communty Care and Development adalah melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan, dan membina masyarakat dhuafa membentuk kerajinan dan usaha keterampilan.

Fokus kegiatan mengenai program Community Care yang terbagi menjadi beberapa aktivitas, serta program Community Development; pengembangan dan pemberdayaan masyarakat wilayah Kota Makassar dan pedesaan.

Program

  1. Pemberian Bantuan Korban Bencana dan Musibah

Program pemberian bantuan langsung berupa material untuk rumah darurat, pakaian layak pakai, makanan instan dan obat-obatan kepada korban bencana yang terjadi di wilayah Kota Makassar dan Sulawesi Selatan. Rencana penyaluran diberikan untuk 3 korban bencana; kebakaran dan banjir. Manfaat program ini diharapkan dapat meringankan beban kerugian material dan memenuhi kebutuhan darurat para korban.

Periode pelaksanaan tentative, berdasarkan waktu terjadinya bencana dalam kurun waktu Bulan Juli hingg Desember 2018.

  1. Donor Darah

Melaksanakan kegiatan donor darah kerjasama dengan PMI, baik yanng dilaksanakan sendiri oleh Yayasan Hadji Kalla maupun mendukung lembaga lain yang mengajukan permohonan kerjasama. Rencana kegiatan dilaksanakan dengan target sebanyak 320 kantong darah disumbangkan kepada PMI Sulawesi Selatan. Manfaat program untuk membantu PMI Kota Makassar/Sulawesi Selatan menambah stok darah.

Periode kegiatan dimulai pada Bulan Juli hingga Desember 2018 selama 3 kali pelaksanaan.

  1. Khitanan Massal

Melakukan khitanan massal kepada anak-anak dari keluarga dhuafa baik di dalam Kota Makassar maupun di daerah yang menjadi wilayah kerja SBU Kalla Group. Rencana kegiatan sebanyak 650 anak dari keluarga dhuafa dikhitan secara gratis. Manfaat program ini untuk meringankan beban biaya khitan bagi keluarga dhuafa yang tinggal di wilayah Kota Makassar dan Sulawesi Selatan.

Periode kegiatan dimulai pada Bulan Juli hingga Desember 2018 selama 3 kali pelaksanaan.

  1. Bantuan Renovasi Rumah

Memberikan bantuan langsung berupa material bahan bangunan untuk merenovasi/memperbaiki rumah dhuafa, baik yang terdapat di Kota Makassar maupun yang berada di daerah binaan yayasan dan willayah kerja SBU Kalla Group. Rencana bantaun disalurkan untuk 10 rumah kaum dhuafa. Manfaat program adalah agar kaum dhuafa sebagai penerima manfaat dapat menempati rumah yang lebih layak huni; sesuai standar PUPR: tinggi langit-langit minimum 2,8 M dan minimum kebutuhan ruang/orang 9 m2 .

Periode kegiatan dimulai pada Bulan Juli hingga Desember 2018 selama 5 kali pelaksanaan.

  1. Bantuan Fasilitas

Memberikan bantuan langsung berupa kendaraan bermotor, fasilitas kebersihan untuk instansi dan lembaga yang mendapatkan persetujuan dari Ketua Umum Yayasan Hadji Kalla. Bantuan ini diserahkan secara tepat sasaran, waktu yang sesuai dan biaya yang telah disepakati. Manfaat program ini untuk membantu para pemohon memenuhi kebutuhan institusinya dalam rangka melancarkan operasional kerja lembaga.

Periode pelaksanaan menyesuaikan dengan jumlah permintaan dan yang disetujui oleh Ketua Umum Yayasan Hadji Kalla.

  1. Bantuan Lampu Tenaga Surya

Pemberian lampu tenaga surya untuk kaum dhuafa terutama yang tinggal di daerah-daerah terpencil/terisolir yang belum mendapatkan akses listrik PLN/tidak mampu membeli instalasi listrik dari pihak PLN. Rencana programnya adalah sebanyak 243 unit/rumah dhuafa di wilayah Sulawesi Selatan mendapatkan penerangan bertenaga surya. Program ini diprioritaskan kepada warga yang tinggal di desa dampingan Yayasan Hadji Kalla dan wilayah kerja SBU Kalla Group. Manfaat program ini untuk membantu warga kurang mampu yang belum memiliki listrik PLN untuk mendapatkaan lampu penerangan dengan sumber energi dari cahaya matahari.

Periode kegiatan dimulai pada Bulan Juni hingga Desember 2018 selama 6 kali pelaksanaan.

  1. Pengembangan dan pemberdayaan Masyarakat Wilayah Kota Makassar
    1. Bantuan satu unit kapal

    Memberikan bantuan langsung berupa satu unit perahu fiber yang akan digunakan sebagai alat angkut siswa SMP dan SMA dari pulau Lae-Lae ke Kota Makassar. Rencana penyaluran dengan memberikan 1 unit perahu fiber lengkap dengan mesinnya. Manfaat program ini adalah untuk membantu para siswa untuk dapat hadir tepat waktu di sekolah masing-masing, dan dapat pulang ke rumahnya tanpa kuatir kesulitan armada angkutan. Untuk tahun ajaran 2018/2019 jumlah siswa SMAP dan SMA yang membutuhkan pengangkutan dari Lae-Lae ke Makassar sebanyak 52 siswa.

    Periode pelaksanaan pada Bulan Agustus 2018.

    1. Bantuan Sumur Bor dan Tandon

    Memberikan bantuan langsung berupa satu sumur bor dan satu tandon penampungan air yang nantinya dapat digunakan sebagai sumber air bersi keperluan konsumsi warga di Kelurahan Patte’ne. Rencana penyaluran dilaksanakan dengan membuat 4 sumur bor, menyediakan 2 tandon penampungan air dan 1 mesin. Manfaat program ini adalah 20 Kepala Keluarga memiliki sumber air bersih guna mengurangi kesulitan mendapatkan air terutama pada musim kemarau.

    Periode kegiatan dimulai pada Bulan September hingga Desember 2018 selama 4 kali pelaksanaan.

    1. Program Pemanfaatan Pekarangan Rumah Warga

    Memberikan bantuan bibit sayuran, tanaman buah non muslim dan polybag kepada warga desa Moncongloe, Lappara untuk ditanam dan dikembangkan di pekarangan masing-masing. Rencananya, 500 Kepala Keluarga diharapkan mengikuti program ini. Dengan adanya program ini, diharapkan dapat meningkatkan konsumsi makan sayur warga, menata keindahan pekarangan dengan tanaman produktif., menjadi sumber income tambahan warga dengan menjualnya ke pasar-pasar terdekat. Nilai persentase peningkatan yang ditargetkan akan diukur sebelum dan sesudah program.

    Periode pelaksanaan dimulai pada Bulan September hingga Desember 2018.

  2. Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Wilayah Desa
    1. Program Desa Bangkit Sejahtera

    Melakukan pendampingan pembinaan dan pengembangan masyarakat berbasis wilayah desa, dengan mengirimkan fasilitator desa untuk bekerja dan berkolaborasidengan pemerintah dan warga mengembangkan potensi desa. Lokasi pendampingan berada di 16 desa yang tersebar di 6 kabupaten se Sulawesi Selatan: Gowa, Jeneponto, Soppeng, Bone, Pangkep dan Luwu.

    Manfaat program ini yakni

    1. Produktivitas petani meningkat melalui pelatihan dan penyuluhan
    2. Terdapat sumber pangan alternatif bagi warga yang dikelola secara swadaya
    3. Terdapat sumber pendapatan alternatif
    4. Kelompok pemuda mendapatkan kesempatan berwirausaha melalui pendidikan keterampilan,
    5. Kualitas pendidikan meningkat
    6. Prestasi siswa meningkat melalui pelatihan guru
    7. Kemampuan baca tulis Alquran santri semakin baik

    Periode pelaksanaan sepanjang Bulan Juli hingga Desember 2018.

Management

Abdul Hakim
Abdul HakimProgram Manager Community Care & Development
Program Manager Community Care and Development adalah penanggungjawab penuh dari bidang Community Care and Development
Rahmat Febriandy
Rahmat FebriandyProgram Officer Community Care
Program Officer Community Care adalah penanggungjawab dan pelaksana program dari bidang Community Care
Fasilitator DBS
Fasilitator DBSFasilitator Community Development
Fasilitator Community Development adalah fasilitator dan pelaksana program dari bidang Community Development

Kontak Kami





Kotak Saran