Rehabilitasi Kerusakan Lingkungan Di Kelurahan Bukaka – Bone

Program ini merupakan bentuk kepedulian Yayasan Hadji Kalla kepada kelompok masyarakat yang ada di Kelurahan Bukaka Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, yang saat ini mengalami krisis kerusakan lingkungan permanen  akibat adanya proses penambangan tanah yang telah dilakukan secara turun temurun oleh sebagian kelompok masyarakat untuk dijadikan bahan baku produksi batu bata. Kerusakan lingkungan ini jika dibiarkan akan dikhawatirkan menyebabkan longsor yang membahayakan keselamatan seluruh masyarakat di sekitar lokasi penambangan tersebut.

Untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut maka akan dilakukan penanganan yang sistimatis dan kontinyu agar dapat  mencegah terjadinya kerusakan lingkungan yang semakin parah sekaligus memperbaiki atau merehabilitasi kerusakan yang telah terlanjur terjadi. Dari hasil pengamatan di lapangan, tidak kurang dari 30 rumah  di lahan seluas 7 hektar  berfungsi sebagai rumah produksi batu bata dan masih aktif menjalankan proses pembuatan batu bata hingga saat ini.

Kelompok masyarakat inilah beserta lahan  penambangan yang ditempati  akan menjadi sasaran utama program ini. Karena dalam program ini bukan hanya kegiatan rehabilitasi lingkungan yang akan dilaksanakan namun juga kegiatan peningkatan kapabilitas kelompok masyarakat pengrajin batu bata agar secara bertahap mampu beralih ke kegiatan ekonomi lain sebagai pengganti sumber penghasilan dari kegiatan produksi batu bata.