Yayasanhadjikalla.co.id; Jeneponto – Terus membantu mengembangkan daya kreasi masyarakat, Program DBS berikan pelatihan pembuatan kue untuk ibu-ibu di desa Tanammawang, Jeneponto. Pelatihan dengan tema “Pelatihan Pembuatan Kue Berbahan Baku Lokal” ini diadakan pada 9 November lalu di Desa Tanammawang, Kecamatan Bontoramba, Kabupaten Jeneponto yang merupakan salah satu desa binaan Yayasan Hadji Kalla.

Dalam pelatihan tersebut, hadir sebanyak 16 orang peserta dari kelompok ibu-ibu PKK desa. Kegiatan pelatihan yang dilakukan merupakan rangkaian kegiatan dari program pemberdayaan masyarakat Desa Bangkit Sejahtera Yayasan Hadji Kalla di Desa Tanammawang. Hasil akhir  dari pelatihan berupa kue akan dijadikan sebagai konsumsi kegitan gotong royong desa dan siskamling.

Pelatihan melibatkan ibu-ibu PKK dan ibu rumah tangga di lingkungan Desa Tanammawang. Uniknya, dalam pembuatan kue, bahan baku berasal dari hasil kekayaan lokal setempat berupa pisang dan tape ubi kayu.

Ibu kasma, salah seorang ibu anggota PKK, menyampaikan bahwa warga sangat senang dengan kegiatan yang diinisiasi oleh Fasilitator Yayasan Hadji Kalla ini, karena mereka bisa menambah ilmu dalam membuat kue.

“Kami semua, warga desa sangat senang dan terbantu dengan adanya kegiatan pelatihan kue ini. Sebelumnya, kami tidak bisa banyak berkreasi dalam membuat kue apalagi menggunakan bahan baku lokal, namun dengan kegiatan ini, kami jadi bisa semakin menambah resep terutama untuk ibu-ibu dalam membuat kue berbahan baku lokal. Selain diberikan untuk warga yang melakukan gotong royong, bisa juga kami bawa untuk acara pernikahan ataupun pesta lainnya, terima kasih sekali lagi Yayasan Kalla”. Jelasnya.

Pelatihan tersebut dibimbing langsung oleh mentor berpengalaman yang didatangkan dari Makassar, Kiki Reskinawati dengan brand-nya Dapoer Kiki.

Menurut Kiki, pelatihan ini tentu sangat penting dan bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat desa untuk bisa terus meningkatkan kreativitas, terlebih pada hubungan silaturrahmi para warga yang ada di Desa Tanammawang.

(Bur)