Yayasanhadjikalla.co.id; Gowa – Pemenuhan gizi seimbang bagi balita merupakan poin penting untuk melengkapi tumbuh kembang Anak. Namun, hal ini masih kurang disadari bagi sebagian Orang tua. Faktor utama tidak terpenuhinya gizi seimbang bagi balita karena kurangnya pegetahuan dan pemahaman orang tua terkait pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) bagi anak usia enam bulan ke atas.

Melalui program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) DBS Yayasan Hadji Kalla, Field Facilitator (Ulfa Nurul Qalbi) bersama kader posyandu Dg. Ngona di Desa Bontoramba memberikan pelatihan pembuatan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) yaitu pembuatan Biskuit Pisang dan Puding Jagung yang bahan utamanya merupakan salah satu komoditi di desa tersebut sehingga mudah didapatkan dan tersedia dalam jumlah yang banyak.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini yaitu ibu-ibu yang memiliki balita dan terdaftar di posyandu Desa Bontoramba. Kegiatan ini  pertama kali berlangsung di posyandu Dusun Bontocinde tanggal 23 Agustus 2019 kemudian berlanjut ke 5 posyandu lainnya pada tanggal 13, 15, 17, 19, dan 21 di bulan berikutnya.

Pelatihan pembuatan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) merupakan hal baru bagi ibu-ibu karena sebelumnya belum pernah mengikuti kegiatan serupa. Kegiatan ini cukup menarik bagi ibu-ibu karena mereka bisa praktik langsung pembuatan biskuit pisang dan pudding jagung. Kedua makanan ini (biskuit pisang dan pudding jagung) dapat menstimulus pertumbuhan gigi bagi bayi di atas 6 bulan yang biasanya bayi pada umur tersebut gemar menggigit apapun yang ada digenggamannya.

“Sebelumnya saya tidak tahu kalau pisang bisa dibuat jadi biskuit untuk MP-ASI. Dengan adanya pelatihan ini saya sudah bisa membuat biskuit dan pudding sendiri di rumah untuk anak saya, apalagi di rumah biasanya banyak pisang dan jagung yang kadang tidak termanfaatkan untuk anak-anak cuma dibuat gorengan saja”, ujar Dg. Rannu, salah seorang peserta.

Setelah pelatihan pembuatan MP-ASI kegiatan ini dilanjutkan dengan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bubur Ayam untuk balita. Kegiatan PMT rutin dilaksanakan setiap bulan di enam posyandu desa Bontoramba, setiap bulannya terdapat sekitar 130 balita yang mendapatkan PMT di setiap waktu penimbangan posyandu masing-masing.

Pelatihan pembuatan MP-ASI tanggal 23 Agustus, sedangkan PMT rutin setiap bulan di enam posyandu Desa Bontoramba.

(Ulfa/Bur)