Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Bekerja sama dengan Yayasan Hadji Kalla, melalui Program Aktif Positif yang mendukung berbagai kegiatan kaum muda yang kreatif dan inivatif, AIESEC In Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Virtual Event dengan tema YOUTH SPACE: How We As A Young Boost Our Career. Youth Space ini adalah program virtual yang diadakan oleh AIESEC In Universitas Hasanuddin yang bertujuan untuk memberikan informasi serta workshop bertemakan menaikkan kemampuan individu di kalangan pemuda di tengah persaingan di masa pandemi, kehiatan ini menargetkan menjangkau khayalak umum khususnya pemuda di seluruh Indonesia.

Sehubungan dengan pandemi yang tengah terjadi, banyak orang yang merasakan dampaknya, banyak karyawan yang harus terkena PHK. Selain itu, ada banyak lulusan baru yang aktif mencari pekerjaan namun terkendala berbagai hal salah satunya ketidakmampuan menjangkau dan memanfaatkan teknologi yang maju.

Dengan kondisi tersebut, kaum muda harus lebih siap berkompetisi. Oleh karena itu, virtual event ini mengangkat tema yang berkaitan dengan dunia kerja yaitu “How We as A Youth Boost Our Career”. Setiap sesi atau materi dari kegiatan ini berkaitan dengan tahap rekruitmen perusahaan sehingga pemuda merasa siap dan mengetahui langkah-langkah dalam menghadapi dunia kerja.

Adapun materi-materi yang dibawakan dalam workshop virtual  ini yaitu Personal Branding (LinkedIn Workshop), di mana tujuannya ialah gar peserta dapat menemukan dan menetapkan Personal Branding mereka. Kedua, yaitu CV Workshop, yang bertujuan agar peserta dapat mengetahui contoh CV yang baik dan hal-hal apa saja yang penting dimasukkan ke dalam CV dalam tujuan melamar pekerjaan. Ketiga, yaitu Interview Tips, di mana tujuannya ialah memberikan gambaran serta tips kepada peserta mengenai interview perusahaan, mulai dari hal-hal yang perlu dihindari hingga tahapan menjawab pertanyaan yang baik dan lugas.

Ada lima panelis Youth Space AIESEC in Universitas Hasanuddin yang hadir dalam kegiatan virtual ini yakni; Karina Nadila, Puteri Indonesia Pariwisata 2017 yang menjadi moderator, Bani Wicaksono, Head of HR & GA at Female Daily Network (speaker), Monica Anggara, Sourcer & Employer Branding at Home Credit ID, Muh. Cipta Suhada, Senior People Partner at Gojek & Co-Founder @bantu_hr, serta Dio Anamia, Regional HR Manager Indonesia & Malaysia at ZEN Room. Kelima pembicara tersebut membagikan ilmu dan pengalamannya kepada peserta dalam menghadapi berbagai tantangan dunia kerja.

Sebanyak 400 peserta mengikuti acara ini dari berbagai latar belakang, ada pelajar, mahasiswa hingga masyarakat umum yang telah bekerja. Diharapkan dengan kegiatan ini maka setiap peserta yang ikut bisa lebih siap dalam menghadapi tantangan dunia kerja.

Eveline Cleary, panitia Virtual Event dari AIESEC menjelaskan bahwa berdasarkan hasil survey, 87,60% peserta Youth Space merasa puas dengan event tersebut. Hal ini juga menunjukkan bahwa peserta sangat ingin berpartisipasi lagi dalam kegiatan selanjutnya dari AIESEC in Universitas Hasanuddin.

Suharto Parai, Manager Bidang Educare, Yayasan Hadji Kalla menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh AIESEC dari Unhas ini, diharapkan mampu memberikan khasanah baru bagi peserta untuk bisa lebih siap dalam menghadapi tantangan di masa depan yang semakin tinggi karena perkembangan teknologi, pekerjaan yang semakin menuntut kepekaan dan skill tinggi tentu membuat para kaum muda harus bisa menjadi lebih siap agar bisa bersaing dengan meningkatkan kompetensi mereka dalam memenuhi kebutuhan dunia kerja.

(Bur)