Yayasanhadjikalla.co.id; – Mengajar dengan setulus hati, membagi ilmu untuk murid yang dikasihi, itulah gambaran betapa besarnya kebaikan yang dibawa oleh guru-guru kita. Tidak satupun kata dan aksara yang bisa melukiskan betapa mulianya guru.

Hari ini, 25 November 2019 adalah hari untuk para guru, untuk mengingatkan kita bahwa kita ada dan tetap dengan keberadaan kita karena jasa guru kita.

Seorang guru tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan kepada murid-muridnya, tetapi juga mendidik mereka. Untuk mendidik, tidak harus mengajar di bidang etika atau menjadi guru agama, setiap guru bisa menjadi kompas baik untuk setiap anak yang Ia didik dengan hati.

Menjadi guru tidak hanya menjadi orang yang didengarkan, tetapi juga bersedia mendengarkan kesulitan yang dihadapi oleh muridnya. Prinsip dasar inilah yang hilang, hingga yang kita lihat sekarang di kelas hanya seorang tenaga pengajar biasa, bukannya guru yang membagi ilmu kebaikan.

Di Indonesia, nasib guru terus menjadi topik perbincangan hingga saat ini. Guru seakan tidak dianggap di negeri ini. Energi dan pikirannya terkuras untuk negeri ini tanpa upah yang layak. Jika kesejahteraan guru sudah diperhatikan secara keseluruhan maka pemerintah tinggal beralih fokus pada kualitas guru. Perbaikan kualitas guru akan lebih baik dan lebih mudah jika kesejahteraan guru lebih di perhatikan.

Yang tidak disadari oleh pemerintah, bahwa mereka tidak sendiri untuk meperbaiki pendidikan kita. Ada banyak lembaga-lembaga besar yang mencurahkan kebaikannya untuk perbaikan pendidikan di republik ini. Itu pula yang dilakukan oleh Yayasan Hadji Kalla dalam ikut serta membuat pendidikan yang lebih baik.

Guru adalah bagian penting dalam proses pendidikan, karena proses belajar mengajar akan lengkap dengan hadirnya guru. Guru memiliki peran dan tugas penting yaitu memberikan pengetahuan dan wawasan baru kepada siswa agar siswa dapat mengembangkan kemampuan dan kapasitasnya secara tepat.

Menilik pentingnya peran tersebut, maka guru perlu mengembangkan kompetensinya agar kemampuan yang dimiliki dapat sejalan dengan kebutuhan siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia yang juga terus berubah.

Yayasan Hadji Kalla melalui Bidang Educare secara konsisten memberikan kontribusinya untuk pendidikan negeri yang lebih baik, memberikan program pelatihan kepada guru-guru yang bertugas di pelosok desa. Program ini diharapkan bisa menciptakan guru-guru yang kreatif dan inovatif dalam mengajar, meningkatkan kualitas dan kapasitas guru pelosok guna menghasilkan output belajar yang progresif. Yayasan Hadji Kalla juga memberikan pelatihan manajemen untuk kepala sekolah dari berbagai sekolah yang ada di Sulaweasi Selatan guna menciptakan manajemen dan regulasi berstandar tinggi di masing-masing sekolah yang mereka pimpin.

Di masa depan, Yayasan Hadji Kalla akan terus mengembangkan program-program berkelanjutan yang progresif  dalam dunia pendidikan. Perbaikan kualitas guru akan berdampak pada perbaikan kualitas pendidikan.

Selamat Hari Guru.

(Bur)