Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Bekerjasama dengan official PSM Makassar, Yayasan Hadji Kalla menggelar kegiatan donor darah di halaman Stadion Andi Matalatta Mattoanging, Makassar pada Kamis 24 Oktober 2019. Kegiatan yang digelar bersamaan dengan hari pertandingan PSM Makassar melawan Madura United.

Antusiasme terlihat dari para masyarakat dan komunitas suporter yang hadir langsung di halaman stadion, ada pula karyawan Kalla Group yang juga ikut datang. Mobil bus operasional dari PMI Sulawesi Selatan langsung dipadati oleh masyarakat saat tiba di stadion. Tercatat ada lebih dari 150 formulir pendaftaran yang dikeluarkan oleh petugas PMI untuk diisi oleh para peserat donor darah namun tdk semuanya lolos dalam pemeriksaan kesehatan untuk berbagai alasan, seperti tekanan darah yang tidak stabil dan sebagainya.

Manager Bidang Kemanusiaan dan Lingkungan Yayasan Hadji Kallam Abdul Hakim memaparkan bahwa ini adalah untuk pertama kalinya Yayasan Hadji Kalla melakukan kerja sama langsung dengan official PSM Makassar dalam menyelenggarakan kegiatan sosial seperti donor darah, namun lain halnya dengan PMI Sulsel, kerja sama tersebut adalah yang kesekian kalinya yang telah dilaksanakan bersama.

“Jadi hari ini, kerja sama kita bersama dengan PSM Makassar ini adalah untuk yang pertama kalinya yang merupakan hasil diskusi kita bersama dengan Direktur Eksekutif Yayasan Hadji Kalla, Mohammad Zuhair di mana Ia melihat bahwa fanatisme besar dari para fans PSM Makassar merupakan peluang yang bisa kita manfaatkan untuk melaksanakan kegiatan sosial seperti donor darah, selain memberikan dukungan kepada PSM, mereka bisa sekalian beramal dengan menyumbangkan darah mereka kepada PMI”, paparnya.

Irham, salah seorang petugas dari PMI Makassar mengaku senang melihat antusiasme dari masayarakat yang hadir utamanya dari kalangan suporter dan berharap bisa mendapatkan banyak kantong darah untuk menambah stok di PMI Sulawesi Selatan.

Catatan panitia dari tim Yayasan Hadji Kalla dan petugas PMI, ada 98 kantong darah yang berhasil terkumpul dari jumlah 150 lebih yang mendaftarkan dirinya, jumlah yang cukup banyak yang bisa didapatkan oleh satu unit bus darah PMI.

Syamsuddin, salah sorang official dari tim PSM Makassar mengaku senang dengan kegiatan donor darah yang diadakn di satdion dan berharap kegiatan serupa bisa rutin dilakukan untuk menghimpun solidaritas dari para suporter.

“Tentu kami dari pihak official sanagt senang dengan kegiatan sperti ini karena ini bisa menggairahkan para suporter. Harapan saya sih semoga kegiatan serupa bisa rutin dilaksanakan di stadion sehingga para suporter juga bisa sekalian beramal”, tandasnya.

Cidu’ salah seorang suporter mengaku bahwa donor darah ini merupakan yang pertama kalinya untuk Ia dan teman-teman. Bisa menyumbangkan darah untuk kemanusiaan adalah sebuah pengalaman yang mengesankan.

“Iye, jadi saya pertama kaliku ini ikut mendonor sama teman-temanku. Takut ka iyya, karena terakhir ka disuntik itu SD baru sekarang 29 mi umurku” ucapnya sambil tertawa.

Lain halnya dengan Rizki, pegawai dari PT. Pos Indonesia, di mana donor kali ini adalah yang kesekian kalinya bagi Ia, bahkan Ia telah mengantongi kartu donor darah resmi dari PMI sebagai pendonor tetap yang secara rutin mendonorkan darahnya.

Setelah mendonorkan darahnya, para peserta juga mendapat merchandise  dari Yayasan Hadji Kalla berupa baju suporter dengan desain eksklusif dari official PSM untuk 50 pendonor pertama dan 50 tiket nonton PSM Makassar melawan Madura United di sore harinya. 

(Bur)