www.yayasanhadjikalla.co.id; Bone – Setiap anak berhak untuk terdidik dengan baik, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan betapa pentingnya pendidikan untuk setiap anak di Indonesia, semangat itu pula yang berusaha ditanamkan oleh Muhammad Gasali kepada anak-anak desa Latellang, Kecamatan Pattimpeng, Kabupaten Bone. Desa tersebut merupakan satu dari 29 desa yang menjadi tempat program tebar dai dari Yayasan Hadji Kalla.

Saat ditemui oleh tim Yayasan Hadji Kalla di Desa Latellang, Gasali tengah membantu ibu-ibu dan warga sekitar untuk mempersiapkan buka puasa bersama di salah satu rumah warga. Ia menuturkan bahwa setiap kegiatan yang Ia lakukan selalu didokumentasikan baik melalui foto maupun video. Menurutnya, hal tersebut menjadi penting karena akan menjadi portofolio yang baik untuk pengalamannya dalam berdakwah.

Hal lain yang dilakukan oleh Gasali adalah mengajari anak-anak di sekolah, tempatnya yang tak jauh dari sekolah membuatnya sering diminta untuk mengajari anak-anak di kelas untuk pelajaran agama dan nilai-nilai ketauladanan dalam Islam. Daerah tempat Gasali berdakwah memang tidak jauh dari tempat-tempat strategis seperti pasar, sekolah, puskesmas dan kantor pemerintahan. Di sekolah, Ia mengajarkan ilmu agama kepada anak-anak. Guru yang ada di sekolah sangat senang dengan bantuan yang diberikan oleh Yayasan Hadji Kalla melalui program tebar dai.

Gasali menceritakan bahwa selain berdakwah, ini merupakan pengalaman pertama kali untuknya mengajar di sekolah dasar, karena sebelumnya Ia hanya berceramah di atas mimbar, Ia butuh waktu untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan anak-anak yang Ia ajari. Namun, baginya itu adalah tantangan untuknya untuk terus belajar dan berkembang karena itu adalah bagian dari tantangan berdakwah.

Nursiah, salah seorang guru di SD Negeri 1 Pattimpeng yang juga seorang guru mengaji di Desa Latellang menngungkapkan bahwa selama Gasali berada di desa dan mengajar anak-anak di sekolah, semangat anak-anak semakin besar dan antusias. Ia berharap bahwa kedepannya Yayasan Hadji Kalla bisa terus bersinergi dengan masyarakat desa mengembangkan dan membimbing nilai-nilai keislaman masyarakat.

*(Boer)