Yayasanhadjikalla.co.id; Pinrang – Setelah sebelumnya memberikan pelatihan kepada pengurus mesjid dari tiga wilayah di Kota Makassar, Yayasan Hadji Kalla kembali menggelar pelatihan serupa di aula kantor BKKBN, jalan dr. Sukawati, Kecamatan Mattirowalie, Kota Pinrang, Sulawesi Selatan pada senin 26 Agustus 2019.

Peserta pelatihan berasal dari pengurus masjid dan teknisi masjid se-Kabupaten Pinrang berjumlah 44 orang peserta.

Pelatihan dibuka oleh Sekda Kabupaten Pinrang, Bapak Islamuddin. Dalam sambutannya, Ia menyampaikan bahwa semoga dengan pelatihan tersebut, maka para peserta bisa mendapat ilmu dan pengetahuan baru dalam cara-cara merawat sound system yang ada di masjid mereka masing-masing.

Sekretaris Dewan Masjid Pinrang yang juga turut hadir dalam pelatihan menyatakan bahwa pelatihan tersebut sangat bermanfaat untuk para pengurus agar bisa memeperbaiki dan merawat kualitas suara pada masjid. Ia juga berharap agar pelatihan tersebut dapat dilakukan di tingkat kecamatan.

Sementara itu, Mukhlis, teknisi dari Yayasan Hadji Kalla yang juga menjadi pemateri menjelaskan bahwa materi yang dibawakan adalah tentang teknis masalah-masalah yang sering terjadi pada sound system. Mukhlis melanjutkan bahwa dengan diadakannya pelatihan ini, para pengurus bisa menjadi lebih paham tentang sound system dan tidak bingung lagi mencari orang yang ahli untuk memperbaiki.

“Jadi, semoga dengan adanya pelatihan kali ini, ketika sedang ada kerusakan pada sound system masjid maka para pengurus tidak usah bersusah payah lagi mencari orang lain yang tau untuk dimintai tolong. Mereka bisa mengerjakannya sendiri”. Jelasnya singkat.

Ilham, salah seorang pengurus masjid yang menjadi peserta mengaku senang dengan pelatihan yang ia ikuti, karena bisa belajar banyak cara-cara maintenance yang baik.

“Hari ini, saya dan teman-teman yang lain sangat senang dengan pelatihan yang kami dapatkan hari ini oleh Yayasan Hadji Kalla. Kami bisa belajar banyak dan berharap bahwa pelatihan teknisi sound system ini bisa menjangkau ke seluruh wilayah, khususnya di Pinrang dan Sulawesi Sewlatan pada umumnya”, Jelasnya.

Pelatihan ini diberikan karena melihat banyaknya pengurus atau teknisi masjid yang tidak tahu cara penggunaan dan perawatan sound system yang baik dan benar, padahal mereka adalah orang-orang yang paling diperlukan agar suara adzan dan imam saat membaca bacaan sholat. Diharapkan, bahwa lewat pelatihan ini, para pengurus masjid bisa tau cara merawat sound system yang baik.

Sebelumnya, pelatihan teknisi sound system telah dilakukan di Masjid Raudhatul Jannah Kelurahan Sudiang, Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar dan Pesantren Wadizzuhur, Desa Buakkang, kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa.

(Bur)