Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Yayasan Hadji Kalla salurkan bantuan untuk warga terdampak kebakaran TPA Antang dalam dua tahap berturut-turut di hari senin dan selasa 16 dan 17 september 2019. Dipimpin langsung Manejer Bidang Kemanusiaan dan Lingkungan; Abdul Hakim, Tim Yayasan Hadji Kalla membagikan 3500 masker dan 245 paket logistik berupa makanan untuk warga dan petugas damkar (pemadam kebakaran) di hari pertama setelah kebakaran. Pada hari kedua, Yayasan Hadji Kalla kembali menyalurkan bantuan masker sebanyak 5000 paket untuk warga.

Abdul Hakim menjelaskan bahwa bantuan ini adalah bentuk dari respon cepat Yayasan Hadji Kalla untuk membantu warga di sekitar lokasi kebakaran.

“Di hari pertama setelah kebakaran kami langsung turun ke lapangan untuk membantu warga yang terdampak di sekitar lokasi, kami membawakan masker sebanyak 3500 dan 245 paket logistik untuk warga dan petugas damkar”, tegasnya.

Ia melanjutkan bahwa melihat kondisi yang semakin parah, maka diputuskan untuk menambah jumlah pasokan masker untuk dibagikan di lokasi.

“Jadi setelah melihat kondisi di hari kedua, di mana asap semakin banyak yang tentunya akan mengganggu jarak pandang dan pernapasan para warga, maka kami memutuskan untuk memasok lagi sebanyak 5000 masker untuk dibagikan”, lanjutnya.

Komandan Lapangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Makassar Wilayah II Antang, Akbar menyatakan bahwa Ia dan anggotanya yang berada di lapangan masih terus berusaha memadamkan titik-titik api yang berada di lokasi dibantu oleh warga.

Ia melanjutkan bahwa kedatangan Yayasan Hadji Kalla bersama tim memberikan bantuan untuk warga dan  anggotanya di lapangan sangat membantu, karena sejak awal terjadinya kebakaran belum ada bantuan sama sekali yang sampai.

“Hari ini, tim Yayasan Kalla datang dan memberikan bantuan berupa masker dan makanan untuk kami dan para warga tentu sangat membantu, apalagi kami telah berada di sini (lokasi) sejak malam dan akan terus berlangsung hingga titik-titik api bisa dipadamkan. Ini adalah bantuan pertama yang sampai ke kami dan kami berterima kasih”, pungkasnya.

Akbar melanjutkan bahwa apresiasi Yayasan Hadji Kalla kepada anggotanya yang bertugas di lapangan sangat berarti besar dan bisa menambah semangat mereka dalam bertugas.

“Bantuan berupa makanan ini sangat berarti untuk saya dan para anggota di lapangan. Terima kasih juga kepada Pak Hakim dan timnya yang telah bertanya tentang keadaan kami dan para anggota yang berada di lapangan. Bertahun-tahun kami bertugas di lapangan berjibaku melawan api dan membantu orang, baru kali ini ada yang bertanya soal kondisi kesehatan para anggota kami di lapangan, sebuah apresiasi yang begitu besar maknanya bagi kami, sekali lagi terima kasih”, lanjut Akbar. Saat ditanyai kondisinya dan para anggota oleh Abdul Hakim.

Haikal, salah seorang petugas damkar yang berada di lapangan mengucapkan terima kasih atas bantuan berupa makanan yang dibawakan oleh Yayasan Hadji Kalla karena mereka setidaknya bisa sedikit menambah tenaga mereka selama bertugas memadamkan api.

“Iya, terima kasih sekali ini Yayasan Kalla sudah bawakan kami makanan, setidaknya kami bisa menambah tenaga dan lebih bersemangat lagi dalam memadamkan api”, pungkasnya.

Sebelumnya diketahui bahwa TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang berlokasi di Antang mengalami kebakaran pada minggu (15/09) lalu. Hingga saat ini, para petugas damkan masih terus berusaha memadamkan titik api yang masih ada di lokasi.

 

(Bur)