Yayasanhadjikalla.co.id, Makassar; “Setetes darah selamatkan ribuan nyawa”, mungkin itulah pepatah yang paling populer yang kita tahu ketika kita melihat orang datang untuk mendonorkan darahnya kepada orang lain. Mengutip dari Medai Indonesia, Di Indonesia, stok kantong darah yang tersedia saat ini masih belum mencukupi kebutuhan dari seluruh masyarakat yang membutuhkan.  Berdasarkan standar World Health Organization (WHO), jumlah kebutuhan minimal darah di Indonesia sebesar 2% dari jumlah penduduk atau sekitar 5,2 juta kantong darah per tahun. Sementara, berdasarkan laporan tahunan Unit Transfusi Darah (UTD) pada 2016 hanya tersedia 4,2 juta kantong darah dari 3,3 juta donasi.

Kondisi seperti ini tentu perlu mendapat perhatian dan kesadaran dari masyarakat untuk bisa menyumbangkan beberapa kantong darahnya. Hal ini menjadi alasan Yayasan Hadji Kalla bersama dengan Building Management Wisma Kalla mengadakan donor darah yang diperuntukkan untuk karyawan Kalla Group dan masayarakat umum pada selasa (30/4) di Main Function Room Lantai 2  Wisma Kalla, Makassar. Bekerja sama dengan pihak Palang Merah Indonesia yang merupakan organisasi resmi yang mengurusi penyaluran darah ke seluruh wilayah Indonesia, diharapkan kegiatan tersebut mampu menjadi wadah bagi masyarakat untuk bisa berpartisipasi dalam membantu orang membutuhkan donor darah.

Dari data yang terkumpul, jumlah donor berjumalah 177 orang, jumlah ini tentu terhitung cukup banyak. Menurut salah satu petugas Palang Merah yang betugas, jumlah kantong darah yang tekumpul untuk lebih dari 100 jumlah pendonor bisa menghasilkan setidaknya dua kali lipat jumlah kantong darah.

Dalam kegiatan ini, terlihat antusiasme dari para peserta yang ingin ikut mendonorkan darahnya. Fahril salah satu peserta donor darah yang juga merupakan karyawan di lingkup Kalla Group mengaku antusias dengan kegiatan yang diinisiasi oleh Yayasan Hadji Kalla ini. Donor darah kali ini juga merupakan donor kali ketiga untuknya, sehingga Ia sudah terbiasa ketika darahnya harus diambil satu atau dua kantong.

“Iya, tentu ini hal yang sangat positif sehingga saya dan teman-teman sangat antusias, karena selain beramal lewat menyumbangkan beberapa tetes darah, hitung-hitung ini juga bisa membuat kondisi saya lebih sehat dan stabil”, terangnya.

Dia juga berharap kegiatan ini bisa rutin dilakukan untuk bisa memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk belajar memberi dan berbagi kepada orang lain dengan cara meyumbangkan tetes darah mereka.

Mengutip dari jurnal Halo Dokter, donor darah punya banyak manfaat bagi kesehatan manusia seperti; menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah, menurunkan risiko kanker, membantu menurunkan berat badan, dan banyak lagi.

Kegiatan donor darah kali ini dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian milad ke 35 Yayasan Hadji Kalla, Kedepannya Kegiatan serupa akan terus digalakkan sebagai bentuk dari program tanggung jawab sosial dari Kalla Group lewat Yayasan Hadji Kalla. (Boer)