YayasanHadjiKalla.co.id, Makassar –  Makbul Mubarak, fasilitator program Kota Kampung Kita Kelurahan Pampang menunjukkan hasil kerajinan peserta pelatihan kerajinan eceng gondok kepada tim Yayasan Hadji Kalla. (18/8)

Tempat sampah, hasil kerajinan eceng gondok warga Kelurahan Pampang

Pelatihan yang digelar selama 8 hari ini (7-14 Agustus 2017) telah menghasilkan karya berupa tempat sampah, sarung bantal, tempat tisu, dan alas piring.

Peserta yang mengikuti pelatihan berjumlah 10 orang ini, dipandu oleh tim Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di  Lorong IV, Kelurahan Pampang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar.

Para peserta konsisten mengikuti pelatihan hingga menghasilkan karya yang bernilai jual tinggi. Salah seorang peserta bernama Aminah membutuhkan waktu 8 hari untuk menyelesaikan kerajinan eceng gondok menjadi tempat sampah berukuran sedang.

“Masih belajar, butuh waktu lama menghasilkan produk yang berkualitas,” tutur Aminah, pemilik rumah yang dijadikan lokasi pelatihan di Pampang.

Selain memandu pelatihan, tim Dekranasda juga akan membantu memasarkan produk yang dihasilkan peserta pelatihan eceng gondok.

“Harga produk bergantung dari tingkat kesulitan menganyam. Semakin rumit, rapi dan unik, harganya juga semakin tinggi.” jelas Hamna Faisal, ST, MM, instruktur pelatihan dari Dekranasda.

Setelah pelatihan ini, akan ada kursus lanjutan untuk memperdalam skill dan kreativitas peserta yang ingin menggeluti kerajinan eceng gondok dengan serius, tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × 4 =