YayasanHadjiKalla.co.id, Bone – Desa Pammusureng, Kecamatan Bontocani, Kabupaten Bone merupakan salah satu desa binaan Yayasan Hadji Kalla yang menerapkan sistem pertanian organik. Saat ini, petani memulai dengan membuat penangkaran benih secara organik menggunakan Varietas Ciherang Super.

Petani menyakini bahwa pertanian organik sangat penting untuk keberlanjutan pertanian kedepannya. Selain, menekan pengeluaran biaya produksi, sistem pertanian organik juga ramah lingkungan dan bebas zat kimia.

Penangkaran benih padi ini, dilaksanakan pada tanggal 1 April 2017, lalu. Penangkaran benih melibatkan 2 kelompok tani yaitu Kelompok Tani Taring Tellue dan Kelompok Tani Appadaeloreng. Terdapat 2 lahan yang dijadikan tempat penangkaran dengan luasan masing-masing 2 are yaitu berada di Dusun Lappa Lompo dan Pattiro. Benih padi yang disebar sebanyak 15 bungkus, sekisar 75 kg dengan berat perbungkusnya masing-masing 5 kg.

Kegiatan penangkaran benih diawali dengan proses pengolahan lahan untuk area penaburan benih. Lahan yang digunakan untuk penangkaran tidak perlu membutuhkan kadar air yang terlalu banyak, hal ini dimaksudkan agar  benih padi yang tumbuh dapat dipindahkan dengan mudah.

Penangkaran benih ini bertujuan untuk persiapan bibit pengembangan padi organik seluas 1 hektar. (Sapriadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × four =