YayasanHadjiKalla.co.id, Gowa – “Semenjak sarjana pendamping program DBS hadir di Garassi, kegiatan yang bernilai positif semakin aktif dilaksanakan.” tutur Raiz, pembina organisasi pemuda di Kelurahan Garassi, Kec Tinggimoncong, Kab Gowa (16/6).

Ramadan tentu identik dengan buka puasa bersama dengan keluarga dan sahabat. Ternyata, tim Yayasan Hadji Kalla tidak ingin ketinggalan dengan mengadakan Safari Ramadhan di desa-desa binaan. Dimulai dari tanggal 12 Juni hingga 16 Juni 2017, tim menyisir desa yang berada di Kabupaten Jeneponto dan Gowa.

Dalam kegiatan safari ramadan ini, selain buka bersama juga dilaksanakan evaluasi program Desa Bangkit Sejahtera selama 8 bulan lamanya. Bersilaturahmi dengan para sarjana pendamping, tim safari ramadan yang diikuti oleh Koordinator Community Care and Development Yayasan Hadji Kalla turut aktif berbaur dan mendengar respon masyarakat tentang program pendampingan tersebut.

Kasman MM selaku Lurah Garassi menuturkan kehadiran pendamping DBS tak hanya sekedar datang saja, tetapi bekerja dan memotivasi warga desa.

“Saya mengira program ini membawa isu politik, ternyata setelah melihat kinerja pendamping, program ini nyata mendampingi dan mengajak masyarakat belajar bersama.” tandasnya saat ditemui di kantor lurah ketika menghadiri Semarak Ramadhan di Garassi.

Salah satu pemuda yang aktif dalam organisasi lokal ASGAR (Asli Gantarang Garassi) bernama Raiz mengaku bahwa Garassi masih menganut tradisi dan budaya leluhur, dengan kehadiran pendamping DBS pun, warga begitu antusias karena banyak pelajaran baru yang didapatkan.

“Bagusnya juga, pendamping merangkul organisasi lokal desa, jadi kami menyambut baik hal itu.” lanjut Raiz yang juga Alumni Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, saat ini menjadi honorer di SD Inpres Jalekko.

Ia juga mengatakan warga dusun yang begitu jauh jarak rumahnya dari kelurahan, tetap hadir disetiap kegiatan sosial yang dilaksanakan pendamping DBS.

“Tak hanya kegiatan pertanian, meningkatkan moral warga desa dengan kegiatan TK/TPA dan pengajian bulanan konsisten dilaksanakan.” tutup Raiz.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 4 =