YayasanHadjiKalla.co.id – Rabu (11/1) Warga binaan Yayasan Hadji Kalla ikuti sosialisasi pemanfaatan eceng gondok di Ruang Pertemuan Puskesmas, Kelurahan Panambungan, Mariso.

Bersama dengan Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANASDA) Kota Makassar, bagian pengembangan produk dan industri kreatif, peserta diperkenalkan produk kerajinan anyaman dengan memanfaatkan bahan lokal termasuk eceng gondok.

Sebanyak 25 peserta yang ikuti kegiatan, mayoritas berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

Menurut, Ibu Mimi Kudrati selaku kordinator pengembangan produk, kita bisa melihat banyaknya eceng gondok bertumpuk  di kanal, hanya diangkat dan dibuang begitu saja. Sedangkan, ditempat lain seperti di Jawa, mereka memanfaatkannya menjadi sesuatu.

Sejak awal tahun 2014, tim telah mengembangkan beberapa produk. Kurangnya sumber daya membuat kami kewalahan, sehingga produk kerajinan terbatas, tutur ibu yang disapa tante Mimi ini.

Hal ini lah yang menginsirasi tim untuk melakukan pelatihan di beberapa lokasi binaan Yayasan Hadji Kalla agar produk semakin bertambah dan bernilai jual tinggi.

“Mudah-mudahan warga bisa ikut terus hingga mahir,” kata Ibu Murni ketua RT 005 ketika sedang menganyam.

Peserta dilatih membuat pola awal yang bisa menghasilkan berbagai macam bentuk dan produk oleh 7 orang anggota dari DEKRANASDA.

Harapannya, dengan sosialisasi ini, peserta berminat dan ikuti pelatihan hingga menghasilkan produk yang berkualitas, kata Arman sarjana pendamping wilayah tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven + 13 =