YayasanHadjiKalla.co.id, Jeneponto – Program Desa Mandiri Energi merupakan kerja sama antara Yayasan Hadji Kalla lewat program Desa Bangkit Sejahtera (DBS) dengan program biogas rumah (BIRU) dan pemerintah desa.

Program bertujuan menghasilkan sumber energi alternatif bagi masyarakat di desa. Sumber energi alternatif tersebut berasal dari limbah kotoran ternak yang di proses untuk menghasilkan gas. Menggandeng BIRU sebagai mitra karena program yang dilaksanakan oleh Yayasan Rumah Energi (YRE) bekerja sama dengan Kementrian ESDM, telah berpengalaman sejak tahun 2009 membangun reaktor biogas di beberapa provinsi di Indonesia. Pemerintah desa setempat tentu harus menjadi mitra karena keberlangsungan program ini akan sangat ditentukan sejauh mana perhatian dan dukungannya.

Program Desa Mandiri Energi tersebut telah mulai berjalan di salah satu desa binaan Yayasan Hadji Kalla yaitu Ujung Bulu  Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto. Pembangunan reaktor biogas berukuran 12 m3, saat ini telah mencapai tahap penyelesaian Digester (tempat penampungan kotoran). Proses seluruh pembangunan diperkirakan akan rampung di pertengahan September 2017.

Banyak manfaat yang diperoleh dengan program tersebut, selain memanfaatkan kotoran ternak sebagai sumber energi, juga limbah yang telah terpakai dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos bagi tanaman. Jika kelak reaktor biogas ini dapat beroperasi dan dikembangkan lagi oleh warga maka akan dapat mengurangi sebagian beban masyarakat, ungkap Kepala Desa Ujung Bulu. Beberapa warga telah tertarik untuk ikut pula dalam program desa mandiri energi tersebut.

Menurut Supervisor program Desa Bangkit Sejahtera, Zainal mengatakan bahwa jumlah kotoran yang dibutuhkan agar reaktor bekerja kontinyu sebanyak 100 kg per hari. Jika kotoran terpenuhi dengan maksimal maka sumber energi yang dapat dihasilkan sekisar 20 watt.

Program Desa Mandiri Energi dari Yayasan Hadji Kalla akan terus dikembangkan pada desa binaan yang lain, sehingga dapat membantu pemerintah dalam upaya untuk membawa masyarakat pada kemandirian energi sebagaimana yang di cita-citakan Kementrian ESDM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 + 16 =