Desa Bangkit Sejahtera

Merupakan program andalan Bidang Ekonomi Sosial, yang telah dijalankan oleh Yayasan Hadji Kalla sejak tahun 2014. Program ini bertujuan  membina,mengembangkan dan memberdayakan masyarakat desa guna meningkatkan  taraf ekonomi,sosial dan lingkungan masyarakat desa, serta membantu mengentaskan kemiskinan yang ada di desa.

Sejak tahun 2019,Program Desa Bangkit Sejahtera diarahkan untuk membantu program pemerintah mengurangi jumlah desa sangat tertinggal dan desa tertinggal, khususnya yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan, dengan menggunakan parameter Indeks Desa Membangun untuk memilih calon desa binaan dan menjalankan kegiatan pemberdayaan di desa binaan.

Di tahun 2019, Yayasan Hadji Kalla telah berhasil menambah jumlah desa binaan, dengan membina 14 desa yang tersebar di 6 kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan. Hingga akhir tahun 2019, tidak kurang dari 79 desa yang tersebar di Provinsi Sulawesi Selatan telah menjadi desa binaan Yayasan Hadji Kalla.

Berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat telah dilaksanakan di desa- desa tersebut. Seperti untuk Pembinaan Pendidikan Non Formal diadakan Pelatihan Pemberantasan Buta Aksara Latin dan Hijaiyyah, pendirian Perpustakaan Desa atau Taman Baca Desa serta menyelenggarakan dan mendirikan pusat kursus ketrampilan di desa binaan.

Untuk pembinaan Bidang Sosial Masyarakat diadakan kegiatan pembinaan kelompok olah raga desa dengan memberikan bantuan peralatan olah raga,pembinaan kelompok karang taruna,kelompok majelis taklim dan kelompok tani desa. Serta mengaktifkan kegiatan gotong royong dan siskamling desa,sesuai petunjuk parameter IDM Desa.

Untuk membantu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa binaan, maka diadakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk menganekaragamkan kegiatan ekonomi di desa,yang selama ini didominasi dengan kegiatan budidaya pertanian,perkebunan dan peternakan saja. Dengan adanya kegiatan ekonomi yang beragam di desa maka diharapkan akan tumbuh  berbagai jenis kelompok usaha mikro yang dapat memberi andil meningkatkan nilai IDM desa dari Ketahanan Ekonomi, seperti Kelompok Usaha Menjahit,Kelompok Usaha Bengkel Motor,Kelompok Usaha hasil pengolahan pertanian dan perkebunan,dan lain-lain.