Desa Bangkit Sejahtera

Merupakan salah satu program unggulan dari Yayasan Hadji Kalla yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa dengan mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat sesuai potensi desa  melalui kegiatan pendampingan  yang sesuai.

Ide awal Program DBS ini dicetuskan oleh Ibu Fatimah Kalla,selaku Ketua Umum Yayasan Hadji Kalla, dan telah dijalankan sejak tahun 2015. Hingga tahun 2019, tidak kurang dari 50 desa yang tersebar di seluruh kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan telah menjadi desa dampingan Yayasan Hadji Kalla.

Sejak tahun 2019, konsep Program DBS dikembangkan dengan menyesuaikan Program Pemerintah dalam hal ini Kementrian Desa, yaitu membantu pemerintah dalam  mengurangi jumlah desa tertinggal dan desa sangat tertingal khususnya yang ada di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Dan untuk memenuhi tujuan tersebut, Program DBS diisi dengan  kegiatan pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan parameter Indeks Desa Membangun (IDM), yakni memenuhi syarat 3 ketahanan ; ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan ketahanan lingkungan. Di samping tetap menjalankan kegiatan lainnya sesuai kebutuhan warga masyarakat desa dampingan sebagai kegiatan yang bersifat sekunder.