Educare

Selain di bidang Keislaman (Islamic Care), bidang Kemanusiaan dan Lingkungan Hidup (Humanity and Environment), serta bidang Ekonomi dan Sosial (Economic and Social), Yayasan Hadji Kalla tidak luput menjadikan bidang Pendidikan (Educare) sebagai salah satu objek penting dari penyaluran dana zakat perusahaan yang dilakukan melalui pengembangan lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal, pemberian bantuan biaya pendidikan bagi siswa dan mahasiswa, termasuk bantuan biaya kegiatan sosial yang positif dan bermanfaat untuk pemberdayaan pelajar dan masyarakat di Indonesia, khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Apa yang dilakukan oleh Yayasan Hadji Kalla di bidang Pendidikan tersebut di atas merupakan suatu bentuk tanggung jawab dan komitmen kuat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana yang termaktub di dalam Pembukaan UUD 1945 alinea keempat. Yayasan Hadji Kalla memandang bahwa amanat UUD 1945 ini tidak boleh dibebankan sepenuhnya hanya kepada Negara. Diperlukan peran serta dari seluruh komponen anak bangsa agar kualitas pendidikan di Indonesia jauh lebih baik, penyelenggaraannya pun bisa dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia secara adil, merata dan tidak diskriminatif. 

Telah ditetapkan setidaknya ada 11 (sebelas) program kerja yang insyaallah akan direalisasikan pada tahun 2020. Mulai dari program kerja untuk pelajar, meliputi: Beasiswa Mahasiswa Sulawesi Selatan, Beasiswa Tugas akhir, Beasiswa Keluarga Karyawan, Bantuan Kegiatan Aktif Positif, dan Bantuan Perlengkapan Sekolah. Kemudian program kerja untuk lembaga pendidikan, meliputi: Pemberdayaan PAUD, Subsidi Sekolah Islam Athirah Bone, Peningkatan Kapasitas Guru SD, dan Peningkatan Kapasitas Manajemen Kepala SD. Dan terakhir, program kerja untuk pendidikan umum, meliputi: Parenting dan Tenaga Kerja Siap Kerja.

Program

Beasiswa Mahasiswa Sulawesi Selatan

Program bantuan langsung senilai uang kuliah untuk mahasiswa duafa asal Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca selengkapnya…

Beasiswa Tugas Akhir

Program bantuan langsung untuk membiayai kebutuhan penyelesaian tugas akhir bagi mahasiswa duafa asal Provinsi Sulawesi Selatan khususnya mereka yang berkuliah di perguruan tinggi Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca selengkapnya…

Beasiswa Keluarga Karyawan

Program bantuan langsung kepada anak karyawan Kalla Group yang sedang menempuh pendidikan pada level sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), termasuk yang sedang menempuh perkuliahan di perguruan tinggi (PT).

Baca selengkapnya…

Bantuan Kegiatan Aktif Positif

Program bantuan langsung sebagai bentuk dukungan kepada pelajar, mahasiswa, komunitas, dan organisasi kemasyarakatan yang inovatif dan kreatif untuk melaksanakan suatu kegiatan positif dan bermanfaat.

Baca selengkapnya…

Bantuan Perlengkapan Sekolah

Program bantuan perlengkapan sekolah berupa tas, sepatu, atau perlengkapan lainnya untuk siswa duafa pada sekolah terpilih di 24 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca selengkapnya…

Pemberdayaan PAUD

Program pelatihan kemandirian keuangan dan peningkatan kompetensi guru bagi 30 PAUD terpilih yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca selengkapnya…

Subsidi Sekolah Islam Athirah Bone

Program bantuan langsung secara rutin kepada Sekolah Islam Athirah (SIA) Bone.

Baca selengkapnya…

Peningkatan Kapasitas Guru SD

Program pelatihan peningkatan kapasitas dan teknis pengajaran bagi guru SD di kabupaten/kota terpilih di Provinsi Sulawesi Selatan atau di provinsi-provinsi lainnya khusus bagi mereka yang belum pernah mendapatkan pelatihan sebelumnya.

Baca selengkapnya…

Peningkatan Kapasitas Manajemen Kepala SD

Program pelatihan peningkatan kompetensi kinerja dan kapasitas manajemen kepala SD di kabupaten/kota terpilih di Provinsi Sulawesi Selatan yang dirasa sangat berpotensi memperbaiki kondisi dan kualitas pendidikan di sekolah dasar.

Baca selengkapnya…

Parenting

Program pelatihan dan pendampingan kepada para orang tua guna mendapatkan kompetensi di dalam pengasuhan anak mengingat masih banyak orang tua yang belum ramah di dalam pengasuhan.

Baca selengkapnya…

Tenaga Kerja Siap Kerja

Program assessment, konseling, dan monitoring bagi lulusan baru perguruan tinggi untuk menjadi tenaga kerja yang siap kerja dengan kondisi ideal yang diharapkan oleh pemberi kerja.

Baca selengkapnya…

Management

Suharto Parai
Suharto ParaiProgram Manager
M. Syafei Karsali
M. Syafei KarsaliProgram Officer