Beasiswa Kalla2022-08-03T13:51:06+08:00

BEASISWA KALLA

Beasiswa Kalla adalah program bantuan untuk mahasiswa dhuafa asal Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah yang memberikan bantuan dana UKT dan peningkatan kapasitas kepemimipinan bagi mahasiswa. Selain berprestasi akademik, program ini juga memiliki kategori lain seperti berprestasi di bidang seni dan olahraga, memiliki hafalan Qur’an, organisasi pemuda dan pelajar, dan penyandang disabilitas,

Untuk tahun 2022 dialokasikan sebanyak 270 orang penerima beasiswa. Pendaftaran akademik 2022 dan 2023 dibuka pada 28 Juni-19 September 2022. Silahkan klik tab pendaftaran pada kolom di sebelah kiri halaman ini untuk membuka form pendaftaran.

Pendaftaran Program Beasiswa Kalla : 28 Juni – 19 September 2022

Berikut adalah syarat dan ketentuan dalam Program Beasiswa Kalla 

1. Mahasiswa semester 1 (pertama) dari 20 PTN Terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti 2022 atau Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di wilayah Sul-Sel, Sul-Bar, Sul-Teng, dan Sul-Tra
2. Pendaftar Berasal dari Provinsi Sul-Sel, Sul-Bar, Sul-Teng, dan Sul-Tra
3. Berprestasi akademik ( Nilai Rapor 7.50) atau non akademik ( hafidz, olahraga, seni, organisasi, dan kelompok disabilitas)
4. Tidak mendapatkan beasiswa yang serupa di lembaga lain.
5. Berasal dari keluarga tidak mampu (dhuafa)

Setiap point persyaratan di atas adalah ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar. Proses verifikasi berkas dan seleksi ketat akan dijalankan langsung oleh Tim Yayasan Hadji Kalla dalam program ini.

Daftar Sekarang

FAQ Beasiswa Kalla

  1. Pertanyaan: Bagaimana cara mendaftar dan kapan jadwal pendaftarannya dibuka secara resmi?
    Jawab: Pendaftaran hanya dapat dilakukan secara online dan tidak menerima pendaftaran secara langsung.  Pendaftaran akan dibuka sekitar  Tanggal 18 Juli – 19 September 2022 di https://www.yayasanhadjikalla.co.id/educare/beasiswa-kalla/
  1. Pertanyaan: Apa saja persyaratan untuk calon penerima bantuan?
    Jawab: Persyaratan Umum: a). Mahasiswa Dhuafa asal Sulsel, Sulbar, Sulteng dan Sultr, Jenjang S1, D3 dan D4; b). Mahasiswa yang (berprestasi akademik di 20 PTN terbaik di Indonesia (Dengan kriteria khusus pendapatan orang tua dan nilai akademik baik mahasiswa lama maupun yang baru mendaftar; berprestasi akademik di PT yang berada di 4 provinsi Sulawesi (Dengan kriteria khusus pendapatan orang tua dan nilai akademik baik mahasiswa lama maupun yang baru mendaftar); berprestasi non-akademik (hafidz, olahraga, seni dan organisasi) di PT yang berada di 4 provinsi Sulawesi (Dengan kriteria khusus untuk Hafidz, sesuai pendapatan orang tua dan jumlah hapalan, untuk olahraga dan seni sesuai dengan prestasi tertinggi – klasifikai: Dunia, Indonesia, Provinsi dan Kabupaten. Untuk jalur organisasi disesuaikan dengan keaktifan dalam kepengurusan baik di jenjang jurusan, fakultas, universitas, – organisasi intra maupun ekstra kampus baik pada skala lokal maupun nasional / dunia); dan dengan disabilitas di Perguruan Tinggi yang berada di 4 provinsi Sulawesi (Dengan kriteria khusus pendapatan orang tua dan keterangan jenis disabilitas) serta c). Tidak sedang mendapatkan beasiswa serupa.
  2. Pertanyaan: Bagaimana detail programnya?
    Jawab: Selain mendaptkan Beasiswa Kalla, penerima juga akan mendapatkan Penguatan Kapasitas, mengabdi di Desa binaan atau ikut pada kegiatan social lainnya di Yayasan Hadji Kalla (YHK).
  3. Pertanyaan: Berapa nilai bantuan yang diberikan? Dan Apakah ada batasan nilai bantuan? Dan Berapa lama Beasiswa Kalla diberikan?
    Jawab: Nilai bantuan diberikan sesuai dengan jumlah nilai (Uang Kuliah Tunggal) UKT mahasiswa yang terpilih. Plafond maksimal per orang adalah Rp. 7.500.000 / semester. Paling lama 8 semester sepanjang memenuhi syarat, misalnya nilai akademik.
  4. Pertanyaan: Bagaimana mekanisme pengumuman pendaftar yg lolos?
    Jawab: Bagi pendaftar yang lulus akan dihubungi langsung oleh perwakilan Yayasan Hadji Kalla.
  5. Pertanyaan: Kenapa beasiswa ini hanya dibuka untuk dhuafa dan tidak untuk umum?
    Jawab: Dana bantuan yang diberikan untuk program ini berasal dari dana “ZAKAT” perusahaan Kalla Group sehingga penyaluran dana dalam program ini hanya untuk golongan dhuafa.
  6. Pertanyaan: Apa saja berkas yang harus di submit untuk pendaftar di jalur prestasi non-akademik?
    Jawab: Untuk pendaftar di jalur ini, diwajibkan submit Piagam, SK Kepengurusan, Sertifikat, dll yang bisa menjadi data pendukung (semua dokumen disatukan dalam 1 file dalam bentuk PDF).
  7. Pertanyaan: Untuk surat peryataan tidak menerima beasiswa dari pihak lain, apakah harus dikeluarkan oleh pihak kampus atau bisa dibuat secara mandiri oleh pendaftar? Apakah ada format yang ditentukan oleh pihak YHK?
    Jawab: Pihak YHK menyediakan format surat pernyataan yang bisa di download di form pendaftaran. Silahkan klik tombol download pada laman pendaftaran.
  8. Pertanyaan: Ada berapa tahapan seleksi dalam beasiswa ini?
    Jawab: Ada 2 tahap yaitu seleksi administrasi dan wawancara.
  9. Pertanyaan: Apa saja kewajiban dari para penerima beasiswa jika lolos?
    Jawab: Para penerima beasiswa Kalla diwajibkan mengikuti program-program yang dilakukan Yayasan Hadji Kalla.
  10. Pertanyaan: Apakah beasiswa ini hanya untuk mahasiswa baru jenjang S1?
    Jawab: Ya, Program ini dikhususkan untuk mahasiswa semester pertama TA 2022/2023 pada jenjang Strata 1 (S1).
  11. Pertanyaan: Untuk surat keterangan penghasilan orang tua, jika hanya petani/pekerja lepas maka bisa diambil/dikeluarkan di mana/oleh pihak siapa?
    Jawab: Untuk persyaratan administrasi surat keterangan penghasilan orang tua, YHK menyediakan format surat yang dapat di download di laman pendaftaran. Surat tersebut harus disetujui/diketahui langsung oleh pejabat setempat sebagai syarat legalitas.
  12. Pertanyaan: Apakah perbedaan nilai bantuan di antara beberapa jalur pendaftaran yang ada, mulai dari jalur prestasi akademik, non-akademik dll?
    Jawab: Tidak ada, nilai bantuan berdasarkan jumlah UKT dan bukan bukan menurut jalur pendaftaran baik akademik maupun non akademik.
  13. Pertanyaan: Ada berapa kuota penerima untuk tahun ini?
    Jawab: YHK menyediakan sekitar 270 quota untuk penerima baru TA 2022/2023.
  14. Pertanyaan: Kapan pengumuman hasil seleksi dan bisa diakses/dilihat di mana?
    Jawab: Hasil seleksi program Beasiswa Kalla akan diumumkan melalui website kami di https://www.yayasanhadjikalla.co.id/educare/beasiswa-kalla/ – Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap silahkan kunjungi laman tersebut.