YayasanHadjiKalla.co.id – Saat ini, menulis bukan lagi hal yang lumrah bagi semua pihak. Terlebih lagi, dengan menjamurnya media sosial yang bisa digunakan untuk menularkan bakat bagi orang lain. Menulis merupakan aktifitas yang menuntut paduan antara kecerdasan nalar yang kemudian diungkapkan dengan melalui gerakan tangan, baik tulisan diatas kertas ataupun keyboard agar pembaca bisa merasakan maksud penulis. Ini pula yang melatarbelakangi, Yayasan Hadji Kalla menyambangi SMK Negeri 2 Majene, dengan mengambil tema “Meningkatkan Minat Menulis Siswa” (22/11/2016).

Mengembangkan minat siswa akan pentingnya menulis disampaikan langsung oleh Usuluddin yang sering menjadi kontributor dibeberapa media sosial, khususnya MediaKalla.com dan YayasanHadjiKalla.co.id.

“Saya yakin sekali bahwa semua adik-adik yang ada di ruangan ini semuanya adalah penulis, terbukti dari akun media sosial sering mengupdate status entah berapa kali dalam sejam. Itu membuktikan bahwa kita punya naluri untuk menulis, tinggal bagaimana caranya untuk memanfaatkan potensi tersebut untuk hal-hal yang baik. Mulailah dari hal-hal yang sederhana, jangan terpaku dengan penjudulan yang sulit, perbanyak baca buku agar perbendaharaan kosa kata semakin banyak. Ketika semua terakumulasi, maka sensasi menulis sudah akan terasa dan semakin menambah topik bahasan saat akan menulis” ujar pemateri.

SMK Negeri 2 Majene adalah salah satu sekolah yang memiliki kegiatan ekskul jurnalistik dan penulisan. Meski sempat memperoleh juara dibeberapa lomba yang diikuti, tahun ini ekskul tersebut memasuki fase vakum karena persoalan teknis sekolah yang bersangkutan.

Muhammad Thamrin selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Majene mengemukakan bahwa kerja sama seperti ini perlu untuk ditindaklanjuti kedepannya, dengan program kependidikan lainnya agar kami yang berada di daerah (Majene, red) tidak merasa ketinggalan perkembangan informasi dengan yang ada di perkotaan.

Kedepan, kita memasuki era MEA dan akan banyak perubahan yang terjadi. Kita butuh keterbukaan informasi dengan semua pihak agar bisa bersinergi dalam menanggulangi kemungkinan terburuk yang akan terjadi. SMK Negeri 2 Majene selaku lembaga pendidikan kejuruan sangat membutuhkan bantuan dari dunia luar agar tetap eksis” papar beliau.

Harapan pemateri, sekiranya setelah kegiatan ini minat menulis siswa kembali tumbuh sehingga ekskul jurnalistik yang menjadi wadah untuk meningkatkan kompetensi mereka kembali dihidupkan.

Selain sharing pengetahuan, tim yayasan menyampaikan informasi seputar beasiswa yang bisa disiapkan untuk siswa yang ingin melanjutkan perguruan tinggi di 5 kampus antara lain UI, UGM, ITB, IPB dan ITS. (Usuluddin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 3 =