YayasanHadjiKalla.co.id – Jumat, (11/11/2016), pengiriman kedua produk  pertanian ke Lotte Mart dilakukan oleh tim Agro & Green Care Yayasan Hadji Kalla. Pada pengiriman kedua ini lebih banyak jenis produk yang berasal dari tanaman hortikultura. Sebanyak 50 kg bawang merah, 100 kg tomat, 32 kg wortel, 5 kg daun bawang dan 36 kg alpukat. Semua produk tersebut berasal dari desa Ujung Bulu, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto. Selain dari desa Ujung Bulu, jenis sayuran lainnya seperti buncis dikirim dari Kelurahan Cikoro, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa dan Markisa 6 kg yang berasal dari Kelurahan Tolo Timur, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto.

Tiba di Lotte mart, semua produk disortir kembali, dan yang memenuhi kriteria bisa dipasarkan di Lotte Mart. Produk yang lolos masuk adalah 50 kg bawang merah, 4,6 kg daun bawang, 64 kg tomat, 15 kg alpukat, 25 kg wortel, 9 kg buncis, dan markisa 6 kg. Selain karena sortir, penyusutan juga terjadi secara alami diperjalanan. Produk yang memenuhi standar akan dibeli oleh Lotte mart, sedangkan produk yang berada dibawah standar dikirim ke pasar tradisional dan pedagang yang ada di Makassar.

Pengiriman dan penjualan produk pertanian dari desa ke Lotte Mart merupakan hasil kerjasama tim Agro & Green Care Yayasan Hadji Kalla dengan fasilitator desa dampingan dan petani binaan. (Muhajir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 3 =