YayasanHadjiKalla.co.id, Pucak – Rabu, (23/11/2016) program pengembangan hortikultura Agro and Green Care (AGC) Yayasan Hadji Kalla memasuki tahap nursery (pembibitan), sebelumnya dilakukan pembangunan Green House sebagai tempat penyemaian yang berukuran 6 x 8 m2. Nursery (pembibitan) ini berlokasi di salah satu lahan petani bernama Dg. Sija yang berada di pinggiran aliran sungai dusun Pangembang, Pucak.

Pada tahap nursery ini, terdapat dua jenis tanaman hortikultura yang akan disemai yaitu bibit cabe dan bibit pepaya california.”Untuk bibit california, kami menyiapkan 1200 buah polybag dengan rencana lahan yang akan kami tanami seluas ± 1 Ha, sedangkan untuk bibit cabe akan kami bibit sesuai dengan luasan lahan petani yang sudah siap.” Ujar Asrianto selaku teknisi program pengembangan AGC (Agro and Green Care) Yayasan Hadji Kalla.

Menurut Muhajir selaku Section Head AGC, Pucak akan mengembangkan tanaman hortikultura seluas kurang lebih 5 Ha yang berlokasi di sepanjang pesisir sungai dusun Pangembang, Pucak.

“Untuk budidaya hortikultura juga akan dikembangkan berbagai macam sayuran seperti kangkung, bayam hijau, bayam belang, tomat, sawi dan beberapa jenis sayuran lainnya.” Ujar Rustan selaku kordinator AGC wilayah Pucak pada seminar program, (17/10/2016) lalu kepada warga yang hadir.

Mulai dari proses nursery (pembibitan), pengolahan lahan, penanaman, pemupukan, panen hingga pemasaran akan dilakukan pengawalan langsung oleh tiga fasilitator yang ditempatkan di Pucak. (Rianti Kalib)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 1 =