HUMANITY & ENVIRONMENT CARE

Berdasarkan visi dari Yayasan Hadji Kalla, bidang kemanusiaan dan lingkungan ini mempunyai misi untuk meningkatkan taraf kesehatan dan lingkungan di wilayah program YHK. Aktivitas aktivitas utama program bidang ini difokuskan pada program respon kebencanaan, kesehatan masyarakat dan lingkungan hidup.

Pada tahun 2022 ini terdapat 5 program utama yang menjadi rencana Kerja kegiatan bidang ini, antara lain ; bidang Kemanusiaan berfokus pada program Bantuan Respon Kebencanaan; untuk bidang Kesehatan berfokus pada 2 program yaitu Khitanan Dhuafa dan Senam Sehat;
sedangkan untuk bidang Lingkungan berfokus pada 2 program yaitu Program Kampung Hijau Energi dan Program Penghijauan Kota.

Setiap tahun, di Sulawesi Selatan terjadi bencana, dan berdasarkan data bencana alalam yang paling sering terjadi adalah hidrologi dan bencana non alam adalah kebakaran. Yayasan Hadji Kalla telah mempersiapkan perencanaan pemberian bantuan sesuai dengan kondisi dan dampak yang ditimbulkan serta berdasarkan kebutuhan para penyintas, apabila bencana-bencana tersebut terjadi lagi di tahun ini.

Bidang Kesehatan masyarakat akan berfokus pada masalah Kesehatan dengan memberikan bantuan khitanan untuk anak komunitas dhuafa. Selain itu, program pemberdayaan berbasis kaderisasi pelatih senam jantung sehat juga menjadi fokus melanjutkan program di tahun sebelumnya. Tujuan program ini adalah berkontribusi terhadap pengurangan risiko penyakit jantung di masyarakat.

Bidang Lingkungan berfokus pada dua program, program penghijauan kota dan program pemberdayaan Kampung Hijau Energi. Program penghijauan kota tahun ini mempunyai aktivitas utama untuk menghijaukan daerah aliran air kota dengan menanam tanaman penyangga dan pelindung di sepanjang jalur air kota Makassar yang juga berbatasan dengan Kabupaten Maros dan Kabupaten Gowa. Program Kampung Hijau Energi adalah program yang mengusung integrasi keahlian hijau berbasis pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk memberikan edukasi utilisasi energi hijau, tahun ini dimulai dengan biogas, untuk memberikan energi alternatif yang juga membuka peluang produksi pupuk organik mandiri di pedesaan.

Untuk lebih detail silahkan menelusuri tautan di bawah ini.

Management

Sapril Akhmady
Sapril AkhmadyProgram Manager
Muhammad Jumadi
Muhammad JumadiProgram Officer