Program Khitanan Dhuafa2022-06-03T14:46:49+08:00

Program Khitanan Dhuafa

Salah satu dampak yang diharapkan dari program ini adalah meningkatnya kesehatan masyarakat khususnya di bidang Anak Anak. Sebagai latar belakang, sebagai salah satu ajaran yang telah diterapkan dalam Islam, baik bagi laki-laki maupun perempuan, khitan memiliki fungsi dan manfaat yang sangat penting bagi kepentingan syiar Islam. Sebab, khitan bertujuan untuk kesehatan jasmani dan rohani. Khitan juga dianggap sebagai salah satu media penyucian diri dan bukti ketundukan seseorang kepada ajaran agamanya. Rasulullah SAW bersabda: “Kesucian (fitrah) itu ada lima: khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memendekkan kumis, dan memotong kuku.” (HR Bukhari Muslim).

Dari sudut pandang medis, khitan mempunyai faedah bagi kesehatan karena membuang anggota tubuh yang menjadi tempat persembunyian kotoran, virus, bakteri, dan bau yang tidak sedap. Air kencing mengandung semua unsur tersebut. Akan tetapi, tidak semua anak berasal dari keluarga yang mampu membiayai khitan anak-anaknya, bagi warga dhuafa, biaya khitan yang berkisar antara 400 – 500 ribu masih dirasakan cukup mahal. Oleh karena itu YHK dapat membantu dengan melaksanakan khitanan massal.

Aktivitas utama dari dari program ini adalah melakukan khitanan secara massal terhadap anak-anak usia sekolah dari golongan dhuafa yang berasal dari kampung-kampung di wilayah kota Makassar dan desa-desa dampingan YHK yang tersebar di berbagai kabupaten se- Sulawesi Selatan.