Program Penghijauan Sekolah

Program Penghijauan Sekolah: dibuat berdasarkan informasi bahwa terdapat 395 SD di Kota Makassar, yang belum memperoleh predikat sekolah Adiwiyata (Sekolah Berwawasan Lingkungan). Salah satu penyebabnya karena di halaman sekolah tersebut belum dilakukan penataan pekarangan dan masih kurangnya pohon penghijauan yang ditanam. Manfaat dari program ini adalah dapat membantu menghijaukan pekarangan sekolah dengan tanaman buah/pohon pelindung. Jenis tanamannya akan dikonsultasikan dengan BPTH dan lembaga terkait serta disesuaikan dengan permintaan pengelola sekolah.

Sasaran program difokuskan kepada halaman sekolah-sekolah tingkat dasar di Kota Makassar yang belum menanam tanaman buah/pelindung dan belum mendapatkan predikat sekolah Adiwiyata. Bibit tanaman didapatkan di BPTH: Sudiang, Gowa dan Maros serta dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kota Makassar. Program ini fokus pada pendampingan penanaman/budidaya pohon buah/pohon pelindung di halaman sekolah.

Prigram ini akan menyiapkan bibit dan mendampingi sekolah-sekolah menanam/membudidayakan tanaman buah/tanaman pelindung di halaman sekolah. Pendampingan dilanjutkan hingga pemeliharaan dan pemupukan tanaman hingga akhir tahun 2020 untuk memastikan tanaman telah cukup kuat dan pengelola sekolah mampu merawat tanaman secara mandiri.

Program ini menargetkan untuk bisa menanam sebanyak 15 pohon di 100 sekolah non adiwiyata di Kota Makassar.