Islamic Care2018-08-07T00:26:11+00:00

Islamic Care

Program Islamic Care telah dilaksanakan sejak Tahun 70-an sebelum Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Islam Hadji Kalla, dikenal Yayasan Kalla dibentuk pada tanggal 24 April 1984. Awalnya, bantuan zakat disalurkan melalui program bantuan masjid, sembako dan pembinaan ulama. Hingga sekarang ini, dikembangkan beberapa program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas keislaman masyarakat.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan meliputi bantuan sarana ibadah, program ramadhan, bantuan pendidikan islam, kegiatan dakwah, pembinaan muallaf, dan bantuan kaum dhuafa.

Program

  1. Proposal

Program bantuan proposal diberikan secara tunai untuk kegiatan perbaikan 200 masjid di Sulawesi Selatan. Tujuannya agar masyarakat dan pengurus setempat dapat merealisasikann kebutuhan masjid seperti renovasi dan penyediaan fasilitas masjid. Bantuan ini dilaksanakan mulai Bulan Januari – Desember 2018.

Silahkan ajukan proposal secara online DISINI

  1. Biaya Kebersihan Almarkaz

Kegiatan ini telah menjadi program rutin Yayasan Hadji Kalla dengan memberikan bantuan dana untuk pelaksanaan kebersihan Masjid Al-Markas Makassar. Tujuannya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar masjid. Kegiatan ini dilaksanakan mulai Bulan Januari – Desember 2018.

  1. Sumbangan Alquran

Program pemberian bantuan Alquran sebanyak 8000 buah. Mushaf diberikan untuk kaum dhuafa di beberapa kabupaten atau kota terpilih. Program ini bertujuan agar penerima bantuan dapat melaksanakan ibadah mengaji secara rutin. Umumnya, penyaluran alquran diberikan pada Bulan Ramadhan setiap tahunnya.

  1. Pemasangan Sound System

Salah satu ide Bapak Jusuf Kalla untuk meningkatkan kuaitas keislaman masyarakat Sulawesi Selatan adalah pemberian bantuan sound system. Program ini hadir agar masyarakat atau jamaah dapat mendengarkan lantunan adzan, bacaan shalat, dan ceramah dengan jelas dan jernih. Khusus tahun 2018, yayasan menargetkan pemasangan sound system di 300 masjid yang membutuhkan. Periode pemasangan dimulai Bulan Februari hingga November.

Silahkan ajukan propsal permohonan bantuan Sound System Masjid DISINI

  1. Maintenance Sound System

Kebutuhan sound system setiap masjid menjadi perlengkapan utama dalam menjalankan aktivitas ibadah umat islam. Yayasan Hadji Kalla mendukung penyediaan fasilitas masjid dengan memanfaatkan peralatan yang masih layak pakai. Program ini dilaksanakan untuk masjid yang memiliki permasalahan kerusakan kecil pada sound system. Tim teknisi yayasan membantu memperbaiki masalah tersebut dengan menargetkan 4 masjid setiap bulan. Periode pelaksanaan dimulai pada Bulan Januari hingga Desember 2018.

Silahkan ajukan proposal permohonan Maintenance(perbaikan) Sound System Masjid DISINI

  1. Pelatihan Teknisi Masjid

Selain membantu penyediaan fasilitas masjid, yayasan membina pengurus dan masyarakat setempat terkait pelatihan teknisi sound system masjid. Kegiatan ini mengajarkan mengenai tatacara penanganan awal jika terjadi kerusakan kecil pada sound system. Pelatihan ini diberikan untuk masjid yang membutuhkan, tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan teknisi, pengurus masjid dan warga setempat tentang pengelolaan sound system. Periode pelaksanaan program dimulai pada Bulan Februari, April, Juni, Agustus dan Oktober 2018.

  1. Paket Sembako Ramadhan

Program rutin setiap tahun dengan memberikan bantuan langsung berupa bahan pokok untuk kaum dhuafa. Rencana penyaluran sebanyak 15.000 paket didistribusikan di kabupaten Luwu, Gowa, Makassar, Palu, Kendari, Mamuju, Bone, Bulukumba, Maros, Palopo, Pare-pare, Sidrap, Wajo, Soppeng dan Polman. Bantuan ini disalurkan agar masyarakat yang membutuhkan dapat ikut serta merayakan kemenangan di Hari Raya Idul Fitri. Periode pelaksanaan Bulan Mei hingga Juni 2018 (Bulan Ramadhan).

  1. Buka Puasa Anak Yatim

Program pemberian bantuan hidangan buka puasa dan santunan untuk anak yatim menjadi salah satu program unggulan di Bulan Ramadhan. Buka puasa dilaksanakan bersama 1.000 anak yatim dari 27 panti asuhan. Periode pelaksanaan Bulan Mei 2018 (Bulan Ramadhan)

  1. Bantuan Buka Puasa Al-Markaz

Salah satu masjid yang dibina Yayasan Hadji Kalla adalah Masjid Al-Markaz Makassar, Masjid ini setiap tahunnya menyediakan sajian buka puasa untuk masyarakat dan jamaah setempat. Yayasan turut serta memberikan bantuan langsung kepada pengurus Al-Markaz untuk menyediakan 6.500 paket hidangan buka puasa. Periode pelaksanaan dimulai pada Bulan Mei 2018 (Bulan Ramadhan).

  1. Bantuan Buka Puasa Ibu Hj. Erni

Program yang sama setiap Ramadhan adalah memberikan bantuan langsung kepada Ibu Hj. Nuraeni (Keluarga Hadji Kalla) untuk acara buka puasa bersama. Hidangan buka puasa disalurkan 20.000 paket. Periode pelaksanaan dimulai pada Bulan Mei (Bulan Ramadhan).

  1. Bantuan Buka Puasa Ibu Imelda Jusuf Kalla

Program bantuan buka puasa disalurkan dengan menyediakan hidangan buka puasa di 5 masjid yang berada di Kota Makassar. Sebanyak 12.650 paket diberikan kepada jamaah dan masyarakat setempat selama 10 hari. Periode pelaksanaan dimulai pada Bulan Mei 2018 (Bulan Ramadhan).

  1. Bantuan Proposal Saat Ramadhan

Program pemberian bantuan proposal khusus Bulan Ramadhan diberikan kepada masjid/lembaga sosial islam di Sulawesi Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk menyalurkan kebutuhan operasional lembaga/masjid yang membutuhkan. Periode pelaksanaan Bulan Mei 2018 (Bulan Ramadhan)

  1. Program Tebar Da’I

Salah satu program yang telah dilaksanakan sejak yayasan dibentuk adalah pembinaan ulama dan kader da’I di Sulawesi Selatan. Program lanjutan dilakukan dengan mengirimkan 40 Dai ke beberapa daerah untuk menyampaikan ceramah selama  Bulan Ramadhan. Program ini bertujuan untuk menambah wawasan masyarakat di pelosok desa. Periode pelaksanaan program selama Bulan Mei 2018 (Bulan Ramadhan).

  1. Tahfidz Nurzuber

Program ini dilaksanakan untuk menyediakan kebutuhan operasional Tahfidz Nurzzuber. Harapannya agar tersedia biaya operasional untuk kelancaran kegiatan Tahfidz Nurzuber. Periode pelaksanaan dimulai pada Bulan Januari sampai Juni 2018.

  1. Tahfidz Baruga

Program tahfidz baruga menyediakan biaya operasional untuk guru dan santri. Tujuannya untuk memberikan kemudahan buat guru dan santri dalam melaksanakan kegiatan tahfidz. Periode pelaksanaan dimulai pada Bulan Januari hingga Desember 2018.

  1. STIBA

Program pemberian bantuan konsumsi bulanan kepada Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab. Kegiatan ini disediakan untuk mahasiswa STIBA yang kurang mampu. Penyaluran program ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan lancar tanpa adanya kendala finansial. Periode pelaksanaan dimulai pada Bulan Januari hingga Desember 2018.

  1. Pembinaan TK/TPA

Pembinaan TK/TPA dilaksanakan dengan menyediakan bantuan insentif untuk guru mengaji. Hal ini untuk meningkatkan kesejahteraan dan memotivasi guru untuk mengajar, khususnya di daerah marginal. Periode pelaksanaan dimulai pada Bulan Maret hingga Desember 2018.

  1. Pesantren

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menyediakan subsidi bulanan untuk kebutuhan pondok pesantren. Program ini disalurkan dengan menyeleksi pesantren yang secara finansial tidak terpenuhi untuk biaya operasional santri dan pondok pesantren. Periode pelaksanaan dimulai pada Bulan Januari-Desember 2018.

  1. Radio Al-Markaz

Program pemberian bantuan rutin kepada media radio Al-Markaz. Salah satu media yang menyebarkan dakwah islam melalui via radio. Kegiatan ini terus didukung untuk mendukung penyebaran islam di Sulawesi Selatan. Periode pelaksanaan dimulai pada Bulan Januari hingga Desember 2018.

  1. Kegiatan Dakwah

Pemberian bantuan tunai untuk 6 kegiatan dakwah. Kegiatan ini sebagai media pembelajaran islam untuk masyarakat. Periode pelaksanaan dimulai pada Bulan Januari hingga Desember 2018.

  1. Pelatihan Muballiq Al-Markaz

Program pemberian bantuan untuk pelatihan Muballigh Al-Markaz. Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 3 kali. Tujuan dari program ini adalah untuk mendukung terbentuknya regenerasi Mubaligh di Sulawesi Selatan, khususnya di Kota Makassar.

  1. Arimatea & Markas Dakwah Al-Biir

Pemberian bantuan muallaf untuk lembaga Arimatea dan Markas Dakwah Al Biir setiap bulan. Program ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Yayasan Hadji Kalla. Tujuannya agar bantuan yang diberikan dapat dipergunakan untuk melaksanakan kegiatan dakwah bagi 2 angjgota komunitas dan terpenuhinya kebutuhan hidup para anggotanya. Periode pelaksanaan dimulai pada Bula Januari hingga Desember 2018.

  1. Kaum Dhuafa Insidentil

Memberikan donasi kepada kaum dhuafa agar dapat memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Program ini merupakan kegiatan rutin Yayasan Hadji Kalla tiap tahun. Periode pelaksanaan dimulai pada Bulan Maret hingga Desember 2018.

  1. Kaum Dhuafa Bulanan

Memberikan santunan kepada 7 orang kaum dhuafa yang telah dibantu setiap tahun agar dapat memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Program ini merupakan kegiatan rutin Yayasan Hadji Kalla tiap tahun. Periode pelaksanaan dimulai pada Bulan Januari hingga Desember 2018.

  1. Bantuan Panti Asuhan

Program rutin yang dilaksanakan dengan memberikan donasi kepada 3 panti asuhan yang telah dibantu setiap tahunnya. Bantuan ini diberikan untuk meringankan kebutuhan pokok santri dan pengurus panti asuhan. Periode pelaksanaan dimulai pada Bulan Juli hingga Desember 2018.

Silahkan daftarkan panti asuhan anda secara online DISINI

  1. Berbagi Jumat Berkah

Program pemberian bantuan dengan memberikan konsumsi kepada jamaah masjid sebanyak 3.000 paket per bulan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung masyakarat yang menunaikan ibadah puasa setiap minggu. Periode pelaksanaan dimulai pada Bulan Juli hingga Desember 2018.

Management

Hafid Rahim
Hafid RahimProgram Manager Islamic Care
Program Manager Islamic Care adalah penanggung jawab penuh dari bidang Islamic Care
-
-Program Officer Islamic Care
Program Officer Islamic Care adalah bagian monitoring pelaksanaan program dari bidang Islamic Care
-
-Program Officer
Program Officer Islamic Care adalah bagian monitoring pelaksanaan program dari bidang Islamic Care

Kontak Kami





Kotak Saran