YayasanHadjiKalla.co.id, Barru – Berlangsung pukul 19.20 – 20.50 WITA, pelatihan pembuatan POC (Pupuk Organik Cair) dan Pestisida Nabati diikuti sebanyak 58 peserta dari kalangan tokoh masyarakat, petani dan ibu-ibu dari kelompok wanita tani.

Kegiatan ini terlaksana pada malam hari, karena masyarakat Lalabata menggarap sawah dan beternak dari pagi hingga sore hari, sehingga warga sepakat untuk membuat pelatihan ba’da shalat isya.

Pelatihan ini berlangsung di kolong rumah milik Ibu Erni, ketua kelompok wanita tani Tunas Baru, Dusun Bacu-Bacu, Desa Lalabat, Tanete Rilau, Barru. (5/8)

Bahan dasar pembuatan POC dan pestisida nabati; sisa sayuran, buah pepaya, buah pisang, dedaunan hijau, bonggol pisang, batang pisang bagian dalam, dan sabut kelapa.

Sebelum, praktik pembuatan dilakukan, Ratnawati, pendamping Desa Lalabata sebagai pemateri malam itu, memaparkan tentang bahaya penggunaan pestisida kimia bagi lingkungan dan kesehatan,

Ia  juga membagikan buku saku sederhana berjudul; Hidup sehat dengan Pertanian Organik,  cara membuat POC dan Pestisida Nabati kepada peseta yang hadir.

Harapannya, dengan adanya buku tersebut dapat menjadi acuan sekaligus  memotivasi serta petani agar menerapkan pertanian organik secara sederhana.

Peserta begitu semangat menyediakan alat, bahan dan ikut serta membantu pembuatan POC dan pestisida Nabati ini.

Bapak  M. Arsyad, selaku Ketua Badan Permusyawaratan Desa Lalabata mengutarakan bahwa  pelatihan semacam ini memang di nanti-nantikan, banyak tanaman pekarangan warga terserang hama dan penyakit, namun tidak tahu cara pengendaliannya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Pudding, salah seorang petani yang menyaksikan pembuatan POC mengatakan pelatihan ini begitu bermanfaat baginya.

“Bagus dicoba ini, murah meriah, gampang. Tidak sia-sia datang kesini, dapat ilmu, buku, makan kue gratis juga.” Tuturnya dengan aksen bugis ini.

Beberapa peserta lain, terutama ibu-ibu yang hadir dalam kegiatan ini juga antusias ingin membuat pestisida nabati dan POC di rumah dan ingin segera  mengaplikasikan pada tanaman pekarangan.