YayasanHadjiKalla.co.id, Sinjai – Dalam rangka memperkuat budaya perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat, Yayasan Hadji Kalla menggelar kegiatan Training of Trainer (TOT) Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Di Desa Bongki Lengkese, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sabtu, 18 Maret 2017.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan sosialisasi program Forum Kabupaten Sehat (FKS) dari pemerintah Kabupaten Sinjai sesuai instruksi Kementrian Kesehatan dan Kementrian Dalam Negeri dan menjadi program kerja Mahasiswa KKN STISIP Muhammadiyah Kabupaten Sinjai.

FKS adalah wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasi dan partisipasinya untuk turut menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan wilayahnya yang mengintegrasikan berbagai aspek sehingga dapat mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni oleh warganya.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, ibu Andi Kartini Otto yang merupakan ketua FKS hadir untuk mensosialisasikan forum ini. Menurutnya, menjaga kesehatan lingkungan merupakan hal yang sangat penting dan mutlak dilakukan, namun kesadaran masyarakat masih rendah tetapi kita patut bersyukur atas kedatangan Yayasan Hadjii kalla  guna melakukan Program TOT Sanitasi lingkungan berbasis masyarakat dan memberikan bantuan fisik berupa jamban sehat.

“Kegiatan TOT STBM ini adalah bagian dari program FKS, jadi kami sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Yayasan Hadji Kalla”ucapnya kepada 50 peserta yang hadir.

Kegiatan ini mengajak masyarakat untuk tidak membuang air sembarangan, mencuci tangan pakai sabun, mengelola air minum dan makanan yang aman, mengelolah limbah cair rumah tangga dengan aman.

Di tempat yang sama selaku Kepala Desa Bongki Lengkese, Andi Djamil juga menyampaikan terima kasih kepada pihak yayasan atas kehadirannya, “kegiaan STBM ini memberikan angin segar kepada masyarakat agar tetap menjaga hidup sehat dan bersih” lanjutnya.

Penulis: Muh Rivai, Sarjana Pendamping, Program Desa Bangkit Sejahtera, Yayasan Hadji Kalla.

2017-03-21T01:39:05+00:00