YayasanHadjiKalla.co.id – Setelah survei pendalaman selama satu bulan, fasilitator Desa Bangkit Sejahtera (DBS) Yayasan Hadji Kalla yang ditempatkan di 16 desa menyiapkan data untuk menyusun rencana kerja satu tahun. Dengan mengandalkan data hasil pengamatan, fasilitator DBS telah melengkapi transek (pemetaan kondisi desa), kalender musim, data lembaga yang aktif di masing-masing lokasi, potensi unggulan, kondisi kesehatan dan pendidikan masyarakat setempat.

Senin (28/11/2016) fasilitator DBS melaksanakan rapat kerja (raker) untuk pembuatan rancangan program satu tahun di LEC Athirah Antang bersama Abdul Hakim Manager Comdev Yayasan Hadji Kalla. Tim akan mendiskusikan mengenai komoditas unggulan dan beberapa program lainnya selama 3 hari, sejak 28-30 November 2016.

Fasilitator mempresentasikan hasil temuan di lapangan untuk menyampaikan gambaran umum kondisi desa. Selain itu, pengembangan pertanian, pendidikan, kesehatan dan lingkungan tidak luput diperhatikan untuk meningkatkan kemandirian bersama.

Untuk 10 desa baru, fasilitator akan menyusun program sesuai potensi yang diperoleh. Sedangkan 6 desa lama, akan melanjutkan beberapa program yang telah dilaksanakan selama satu tahun bersama masyarakat, khususnya pengembangan komoditi unggulan. Beberapa desa binaan, akan tetap mengembangkan komoditi unggulan dengan memperbaiki budidaya dan fokus pada pemasaran.

Setelah kegiatan raker ini, 39 fasilitator desa kembali ke lokasi binaan untuk merealisasikan program yang telah diusung selama satu tahun kedepan.

 

2016-11-29T01:40:08+00:00