YayasanHadjiKalla.co.id – Pembangunan jamban sehat adalah bantuan yang diberikan oleh Yayasan Hadji Kalla kepada masyarakat Pampang yang dipilih berdasarkan tingkat sanitasi lingkungannya. Proses pembangunan dimulai dengan melakukan penilaian terhadap rumah warga yang memungkinkan diberikan bantuan, salah satunya dengan memperhatikan kondisi ekonominya.

Rabu, (4/1) Yayasan Hadji Kalla melaksanakan program pembangunan jamban sehat bekerjasama dengan Yonkav-10/Mendagiri di Kelurahan Pampang, Kecamatan Panakukkang, Makassar.

Program pembangunan jamban tahap I sebanyak 10 titik, telah dilaksanakan pada bulan Juni 2016. Berlanjut hari ini, di 10 rumah yang tersebar di beberapa RW, tutur Meita selaku Kordinator program parenting dan pengembangan kesehatan Yayasan Hadji Kalla.

Proses pengerjaan dibantu langsung oleh anggota TNI dan warga pemilik rumah, lanjutnya.

Bersinergi dengan Yonkav untuk mendorong masyarakat menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) menjadikan kerjasama ini berlangsung sejak 19 Desember – 10 Januari mendatang.

“Yayasan Hadji Kalla punya program dan anggaran, dan kami dari TNI memiliki anggota untuk turun aktif dalam membantu masyarakat. Harapannya, kerjasama ini terus berlanjut dan berkesinambungan agar masyarakat merasakan kehadiran Yonkav-10/Mendagiri.” kata Adzan Marjohan Nasution selaku Danki 10.3/BU YONKAV-10 Kodam VII Wirabuana.

Salah satu warga yang ditemui saat pengerjaan jamban dirumahnya mengatakan sangat bersyukur dengan bantuan ini. “Sebelumnya, jika buang hajat harus menumpang di toilet tetangga. Jumlah kami 8 orang, terkadang malu ketika harus izin lagi untuk menggunakannya” kata ibu Sitti, Usia 40 tahun bekerja sebagai cleaning service di salah satu kampus swasta di Makassar

 

 

2017-01-05T08:01:47+00:00