YayasanHadjiKalla.co.id, Bone – Rumah Belajar Masyarat (RBM) merupakan salah satu program Desa Bangkit Sejahtera (DBS) Yayasan Hadji Kalla, yang memfasilitasi masyarakat desa untuk mengembangkan diri dan belajar hal-hal baru.

English Class merupakan aktivitas yang rutin dilaksanakan setiap tiga kali dalam seminggu di RBM Desa Pammusureng, Bontocani, Bone, terlaksana hari kamis – sabtu pukul 14.00 WITA. Kelas ini diikuti oleh anak-anak tingkat sekolah dasar.

Konsep belajar English Class sengaja didesain sedemikian rupa, agar tidak terkesan kaku dan monoton.

Pada kesempatan yang lain, telah diterapkan media belajar Snowball Throwing untuk materi Alphabet dan Number, yang dapat menstimulus siswa melafalkan dengan baik dalam bahasa Inggris.

Mengingat keberhasilan media belajar sebelumnya, fasilitator desa kembali menerapkan media belajar “Domino”  pada materi Noun (Kata Benda). Media belajar domino merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk menarik minat anak dalam pembelajaran bahasa dalam hal ini bahasa Inggris.

Kartu domino yang digunakan berbeda dengan kartu pada umumnya, karena telah dimodifikasi dengan mengisi sisi atas dengan gambar dan sisi bawah dengan kosa kata bahasa inggris.

Anak-anak dalam penerapan media belajar ini, harus mencocokkan gambar yang tertera dengan kata yang sesuai. Diharapkan, dengan menerapkan media belajar ini, dapat menambah pembendaharaan kata anak dalam bahasa inggris.

Saat proses pembelajaran berlangsung, nampak anak-anak sangat antusias bermain sekaligus belajar Noun (kata benda). Awalnya mereka kesulitan mencocokkan gambar dan kata yang sesuai, tetapi setelah bermain dua sampai tiga kali anak-anak sudah menguasai dan mampu menghapal beberapa kata benda.

Kegiatan ini diakhiri dengan mengevaluasi setiap kata benda yang anak-anak ketahui, setelah penerapan media belajar domino. (Ulfa Nurul Qalbi)

2017-04-17T02:13:53+00:00