YayasanHadjiKalla.co.id, Bone – Kelas Menulis adalah salah satu program yang diusung oleh sarjana pendamping program Desa Bangkit Sejahtera (DBS) Yayasan Hadji Kalla yang berlokasi di Desa Bana, Kecamatan Bontocani, Kabupaten Bone.

Tujuannya untuk meningkatkan kreativitas anak dan remaja dalam bidang kepenulisan, terkhusus penulisan puisi, cerpen, dan pembuatan mading. Kegiatan ini akan berlanjut setiap 2 kali dalam sebulan, dan sekali dalam sepekan jika memungkinkan.

Pertemuan pertama dilaksanakan di SD Inpres 5/81 Bana pada hari Rabu, 01 Maret 2017 pada pukul 15.00 hingga 16.30. Anak-anak yang terlibat dalam kelas tersebut berjumlah 37 orang anak yang terdiri dari murid kelas 4, 5, dan 6, serta melibatkan 7 orang Mahasiswa PPL UIN Alauddin Makassar, Jurusan Manajemen Dakwah, selaku fasilitator yang bekerjasama dengan pendamping setempat.

Kegiatan diawali dengan melakukan perkenalan antara fasilitator dan peserta lalu dilanjut dengan pembagian kelompok menulis yang disesuaikan dengan minat peserta dalam tiga bidang. Kelompok puisi dikawal oleh Yusuf dan Jumriati, cerpen oleh Rahmat Hidayat dan Rika Firdamasari, sedang mading dibimbing oleh Bunga HB, Nur Muhammad Sakman, dan Kurniawati.

Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sangat antusias, sebab suasana yang terkesan bebas dan santai mengingat kegiatan berlangsung di alam terbuka sekitar sekolah.

Para peserta menulis puisi bertema bebas lalu membacakannya dengan baik dan percaya diri di depan peserta lain. Sedangkan di kelompok cerpen, anak-anak disuguhi dengan tugas menulis cerpen sederhana tentang hal-hal yang mereka alami di hari sebelumnya. Selanjutnya, hasil tulisan dari kelompok-kelompok tersebut lalu di-include ke dalam mading.

“Cukup menyenangkan berbagi dengan adik-adik sebab mereka sangat antusias dan memiliki semangat yang tinggi untuk belajar. Mereka sangat senang dengan kegiatan tersebut karena merupakan kali pertama mereka belajar membuat mading.” terang Bunga, selaku PJ Mading.

Selama kegiatan berlangsung, dua orang guru kelas dari SD yang berlokasi di Dusun Bana Tengnga tersebut juga menyempatkan hadir dan menyaksikan jalannya kegiatan.

Adapun pertemuan berikutnya akan lebih fokus ke materi dan tatacara menulis puisi dan cerpen dengan benar yang kemudian akan dipajang di area sekolah dalam bentuk mading.

Penulis: Kameriah Saraswati, Sarjana Pendamping DBS Desa Bana.

2017-03-03T01:07:41+00:00