YayasanHadjiKalla.co.id, – Para orang tua di Desa Abbumpungeng, Kecamatan Kajuara, Kabupaten Bone diberi pelatihan tentang parenting atau ilmu pengasuhan anak sebagai upaya menyiapkan guru yang hebat dalam rumah tangga.

“Pelatihan ini diharapkan menjadi bekal bagi para perempuan di desa yang memilih untuk mengambil peran dalam rumah tangga dan mengurus anak,” kata Meita A Kuncoro, penanggungjawab program parenting dan pengembangan kesehatan Yayasan Hadji Kalla, Kamis (26/1).

Melalui pelatihan tersebut kata Meita, diharapkan para calon ibu ataupun yang telah menjadi seorang pendidik di rumah tangga, tidak mengalami kesulitan hingga depresi ketika menghadapi anak yang bermasalah. Angka pernikahan dini di desa cukup tinggi, sehingga perempuan yang telah menikah tidak memiliki bekal untuk mengelola rumah tangga.

“Untuk itu, melalui kegiatan ini kita bisa mengenali karakter anak dan mengendalikan anak. Namun yang kerap terjadi, di mana ketika ibu menyuruh anaknya membaca, tapi si ibu malah mengerjakan yang lain,” katanya.

Bahkan, secara tidak sadar seorang ibu terkadang mengabaikan tugasnya dalam mendampingi anak dalam bermain, belajar dan mengenali tingkah laku baik dan yang buruk.

Untuk itu, Meita mengajak peserta untuk saling introspeksi diri sebagai orang tua, agar lebih bertanggung jawab terhadap pengasuhan anak.

“Saya paham bahwa budaya sopan santun di desa begitu dijaga, bahkan kita bisa belajar lewat cerita dari para leluhur, tetapi dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, proteksi terhadap anak tetap diperhatikan agar tidak terjerumus dalam hal yang tidak diinginkan” tuturnya kepada 34 orangtua yang hadir.

2017-01-30T03:55:16+00:00