YayasanHadjiKalla.co.id, Bone – Kelompok tani Desa Pammusureng, Kecamatan Bontocani, Kabupaten Bone sukses panen raya organik dengan metode Legowo seluas 40 are, Selasa, 15 Agustus 2017, kemarin.

“Panen raya ini tergolong sukses, meski petani di Bone melakukan uji coba padi organik untuk pertama kalinya dengan memanfaatkan bahan baku lokal untuk pupuk dan pestisida organik.” Tutur Ruslan, Fasilitator Desa Bangkit Sejahtera (DBS) Yayasan Hadji Kalla.

Untuk panen raya padi organik ini, petani menghasilkan berat gabah kering sekisar 800 kg, katanya.

Panen raya dilakukan di lahan seluas 40 are disaksikan langsung oleh 96 warga, petani dan pemerintah setempat.

Turut Hadir Koordinator Yayasan Hadji Kalla Muhammad Zuhair, Koordinator Community Care and Development Abdul Hakim, Supervisor Program DBS Akhsan, Camat Bontocani Andi Akbar, S.pd., M. Pd., Anggota DPRD Komisi 2 bidang pertanian, Kapolsek Bontocani, Danramil Bontocani, UPTD Pertanian dan pendidikan kecamatan.

Hadir pula pada kesempatan ini, Andi Yusuf Akbar mewakili Bupati Bone untuk membuka acara secara resmi.

“Program DBS sangat membantu dan sinergi dengan program Bupati Bone dalam bidang pertanian, memberikan edukasi kepada petani tentang pupuk organik dan dampak penggunaan pestisida kimia. ” Ucapnya.

Setiap tahun produksi pertanian di Bone meningkat menjadi 100.000 ton per tahun. Harapannya, produksi pertanian terus meningkat dengan adanya kegiatan seperti ini.

Koordinator Umum Yayasan Hadji Kalla juga menekankan bahwa semua aspek akan diperhatikan mulai dari hulu hingga hilir, termasuk penjualan komoditas dan pemanfaatan sumber daya manusianya.

“Yayasan Hadji Kalla akan memprioritaskan warga yang masuk kategori dhuafa untuk meningkatkan taraf hidupnya.” Tutupnya.

 

2017-08-16T10:57:31+00:00