YayasanHadjiKalla.co.id, Bone – (12/8) petani di Desa Bacu, Kecamatan Tonra, Kabupaten Bone berbondong-bondong menyaksikan tanam perdana bawang merah di lokasi percontohan program Desa Bangkit Sejahtera Yayasan Hadji Kalla.

Didampingi langsung oleh penyuluh pertanian Kecamatan Tonra, warga begitu antusias melakukan penanaman bawang merah.

“Terobosan baru, percontohan ini dapat memberikan keuntungan yang besar. Bawang merah juga dapat  menjadi komoditi utama di Bacu.” Tutur Ismail (35 th), penyuluh pertanian kecamatan.

Seluas 6 are, lahan percontohan ini akan menjadi wadah pembelajaran bagi petani yang ingin melakukan inovasi baru untuk pertanaman di lahannya.

“Setiap tahun, petani hanya mengandalkan padi dan jagung, semoga percontohan ini dapat menguntungkan petani kedepannya.” Ucap Mappiati (75 th), salah seorang petani yang begitu semangat membantu fasilitator desa mengolah lahan.

Bersama warga Bacu, Mahasiswa KKN UVRI (Universitas Veteran Republik Indonesia), anggota Badan Permusyawaratan Desa, Badan Penyuluh Pertanian, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan pemuda karang taruna desa tergabung melakukan penanaman sebanyak 60 kg bibit.

“Sesuatu yang baru di Bacu, bawang merah dapat menjadi komoditi pilihan bagi petani” Kata Yusuf (40 th), petani yang turun aktif menanam bawang merah.

2017-08-15T06:20:18+00:00