Yayasanhadjikalla.co.id; Bone – Yayasan Hadji Kalla melalui Bidang Ekonomi & Sosial dalam Program Desa Bangkit Sejahtera (DBS) membantu pertanian warga dengan program pembangunan Perpipaan Lahan Pertanian  di Dusun Menegalung, Desa Poleonro, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone 23 Juli 2022 lalu.

Desa Poleonro merupakan desa yang sebagian besar penghasilan warganya didapatkan dari hasil pertanian, namun dalam  beberapa tahun terkahir, para petani di desa ini tidak memiliki sistem irigasi untuk lahan pertanian yang memadai. Terdapat lahan sawah dan jagung yang menjadi sumber penghasilan warga yang mana, sumber airnya hanya bergantung pada hujan. Intensitas hujan pun tidak menentu sehingga menyebabkan kurangnya air pada lahan sawah sehingga menyebabkan hasil produksi padi sawah saat panen tiba berkurang atau bahkan menyebabkan gagal panen. Melihat kondisi tersebut, diinisiasilah program perpipaan menuju lahan pertanian warga yang bersumber dari check dam  (bendungan kecil) Desa Poleonro.

Pipa yang disediakan oleh Tim DBS atas bantuan dari YHK adalah sebanyak 155 batang dengan berbagai macam ukuran. “Ada juga pipa yang dibeli dengan cara swadaya dari masyarakat sebanyak 250 batang. Jarak dari sumber air (check dam) menuju lahan pertanian sejauh 900 meter. Output dari pengairan ini tentu adalah bisa mengaliri lahan persawahan warga seluas kurang lebih delapan hektare. Selain swadaya warga dan YHK, juga turut ikut membantu mahasiswa KKN Profesi Kesehatan Universitas Hasanuddin angkatan ke-62.” Jelas Amartiwi; Fasilitator Desa Bangkit Sejahtera Yayasan Hadji Kalla.

Aparat Desa Poleonro, Tim YHK, dan warga bahu-membahu membangun saluran pipa menuju lahan persawahan warga.

Basri, salah seorang warga yang sawahnya dialiri air melalui pipa ini berujar bahwa sudah sejak lama Ia dan warga lain menunggu inisiasi pengairan seperti ini, “Karena kalau warga saja  yang swadaya, tidak sampai pipanya ke lahan. Alhamdulillah hari ini ada bantuan juga dari Yayasan Kalla sampai akhirnya kita bisa menyelesaikan pembuatan pengairan untuk warga ini.” Ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Poleonro, Andi Ahmad Saleh mengucapkan terima kasihnya kepada Tim Yayasan Hadji Kalla yang telah berkontribusi banyak dalam program pengairan lahan warga menggunakan pipa. Ia berharap bahwa pipa yang telah dibangun secara swadaya oleh masyarakat juga dengan bantuan dari YHK bisa membawa banyak manfaat untuk pertanian warga Desa Poleonro.

(br)