Yayasanhadjikalla.co.id – Majene; Program Desa Bangkit Sejahtera; Yayasan Hadji Kalla jalankan kegiatan Penyuluhan Penanggulangan Hama & Penyakit Tanaman Kakao, Di GOR Desa Awo Kecamatan Tammerodo Sendana, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, kamis (29/4/2021).

Dalam program ini, peserta diajarkan untuk membedakan antara hama & penyakit, jenis-jenis hama & penyakit yang menyerang tanaman kakao, serta cara pengendalian hama & penyakit kakao,

Program ini dipilih, karena melihat bahwa kakao adalah komoditi utama desa Awo selain cengkeh dan buah durian, akan tetapi dalam kurun waktu setahun terakhir, tanaman kakao warga banyak yang terserang hama sehingga berdampak kepada kualitas & kuantitas tanaman kakao para warga.

Acara ini dihadiri oleh beberapa kelompok tani di desa Awo, aparat desa, serta warga. Terlihat bahwa para peserta antusias mengikuti kegiatan tersebut karena bagi para warga, ini adalah pertama kalinya mereka terpapar informasi terkait hama dan penyakit serta cara pengendaliannya.

Pemateri yang dihadirkan oleh Program DBS adalah Suyono, S.P.,M.Si yang merupakan Dosen Agroteknologi Universitas Sulawesi Barat. Menurut Suyono, materi yang Ia bawakan sebisa mungkin dibuat dengan sederhada untuk bisa dipahami secara cepat oleh warga. “Saya membawakan materi hari ini sebisa mungkin dengan cara yang paling sederhana, materinya disertai dengan slide bergambar untuk warga agara lebih mudah memahami materi yang disampaikan”, pungkasnya.

Wahyuddin selaku PLD Desa Awo menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan tersebut sangat bermanfaat karena menunjang PemDes Awo untuk mencoba kegiatan-kegiatan yang belum ada di perencanaan desa. Ia juga mengucapkan terima kasih untuk Fasilitator DBS atas kesediaannya mendampingi desa Awo yang telah memasuki tahun kedua.

Sementara itu, Butsir yang merupakan salah seorang peserta menunjukkan semangatnya dalam belajar memahami berbagai informasi terkait pengendalian hama dan penyakit tanaman kakao, baginya ini adalah kesempatan besar untuk belajar agar bisa diterapkan pada tanaman kakao di kebun yang tanami.

(Irwan/Bur)