Yayasanhadjikalla.co.id; Pinrang – Yayasan Hadji Kalla berikan Program Pelatihan Mitigasi Bencana dan Penanaman 1.000 Bibit Pohon di Desa Basseang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang.

Kegiatan ini berlangsung pada (30/06/2021) dengan tema “Pelatihan & Edukasi Pentingnya Penanaman Pohon untuk Mengurangi Bahaya Longsor”, diikuti dengan kegiatan pembagian 1.000 bibit pohon kepada warga desa yang tinggal di lokasi rawan bencana longsor di Desa Basseang. 1.000 bibit pohon yang diberikan oleh Yayasan Hadji Kalla terdiri dari 450 bibit Pohon Kemiri, 450 bibit Pohon Kopi dan 100 bibit Pohon Kakao. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Dusun Sipatokkong, Dusun Padampalei dan Dusun Kalosi, Desa Basseang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang.

Program ini diinisiasi karena melihat urgensi atas kondisi yang ada di desa. Melihat bahwa masih adanya lokasi-lokasi ketinggian yang rawan longsor di Dusun Sipattokong, Dusun Padampalei dan Dusun Kalosi di Desa Basseang, serta masih minimnya pengetahuan warga desa atas bahaya longsor dan cara mengurangi resiko longsor yang rawan terjadi di Desa Basseang.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Basseang, Kecamatan Lembang; Bapak Edy. PPL Dinas Kehutanan Kabupaten Pinrang; Bapak Suradi, Kelompok Tani dari 3 dusun serta tokoh masyarakat Desa Basseang. Materi Pelatihan disampaikan oleh PPL Dinas Kehutanan Kabupaten Pinrang, Bapak Suradi.

Setelah dilakukan penyampaian materi teori, kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan dan penanaman secara simbolis   1.000 Bibit Pohon yang dibagikan kepada dua kelompok tani Dusun Sipatokkong dengan jumlah total anggota 50 orang petani, dan 200 Bibit Pohon Kopi diserahkan kepada 1 kelompok tani Dusun Padampelei dan 3 orang petani kopi di Dusun Kalosi. Penanaman seluruh Bibit Pohon tersebut selesai dilaksanakan secara bertahap hingga tanggal Juli 2021.

Suardi, dari PPL Kehutanan Wilayah Kecamatan Basseang menyampaikan apresiasinya kepada Yayasan Hadji Kalla atas kegiatan tersebut. “Kami sangat apresiasi kegiatan Mitigasi Bencana yang diselenggarakan oleh Yayasan Hadji Kalla yang bersinergi dengan Pemerintah Desa Basseang, sebagai upaya mengurangi resiko bencana longsor yang rawan terjadi di sini.” Tandasnya.

Sementara itu, Edy yang merupakan Kepala Desa Basseang menyampaikan terima kasihnya atas inisiasi program tersebut. “Terima Kasih kepada Yayasan Hadji Kalla yang telah menginisiasi kegiatan ini. Inshaallah, kami selaku Pemerintah Desa akan menindaklanjuti dengan pengadaan dan penanaman kembali bibit pohon yang sama dengan jumlah yang lebih banyak untuk wilayah-wilayah lain yang juga rawan longsor di wilayah Desa Basseang.” Pungkas Edy.

(Er/Br)