YayasanHadjiKalla.co.id, Palopo – Untuk sukses, buat kontrak kesepakatan  dengan diri anda sendiri. Demikian salah satu kiat sukses yang dipaparkan kepala Cabang Hadji Kalla Palopo, Budiamin Muhammad Sineng pada seminar Kalla Group Goes to Campus yang  dihelat  di auditorium kampus 2 Universitas Cokroaminoto (Uncok) Palopo, Selasa (15/11).

Kegiatan yang diadakan oleh Yayasan Hadji Kalla bekerjasama dengan Bagian Humas dan Kerjasama Uncok Palopo tersebut juga menghadirkan Manager PT. Bumi Lintas Tama, Fajar Harisanto dan Staff Marketing PT. Hadji Kalla Palopo, Fadlianty Yahya.

Budiamin menambahkan, kontrak sukses yang dia maksudkan merupakan komitmen pribadi untuk menggapai sukses dalam suatu hal yang dicita-citakan apapun rintangan yang dihadapi, “kontrak sukses yang pertama adalah mengenai misi pribadi. Selanjutnya, misi tersebut di follow up dengan menganalisa kekuatan dan kelemahan diri. Tahap ini sangat penting sebab akan sangat berpengaruh pada pilihan karir. Jika salah menganalisa diri maka dampaknya akan salah pula dalam mengambil karir.  Kemudian, kontrak sukses ini juga harus didukung dengan kesediaan untuk mencari ilmu pengetahuan dan keahlian yang harus di kuasai.  Sampai pada tahap  ini, mahasiswa yang ingin sukses harus berani melakukan perubahan yang harus dilakukan sekarang.  Selain  itu, prinsip sukses juga menjadi hal yang sangat penting. Sebab Setiap kali gagal, prinsip sukses ini akan menjadi pendorong untuk bangkit kembali,” urai  Bapak dua anak ini.

Sementara itu,  Pemateri kedua yang juga merupakan putra daerah Palopo, Fajar Harisanto berpesan “Saya sebagai alumni Palopo, mengingatkan kepada adek adek junior saya  agar selalu memiliki hal hal ini. Pertama, bangun kepercayaan diri, jangan minder. Meskipun kita berasal dari kampus daerah. Saya pribadi, ketika mengikuti tes untuk menjadi management trainee atau calon manager di Bumi Lintas Tama, anak perusahaan Kalla Group di bidang pelayaran, harus bersaing dengan sekian ratus peserta dari berbagai kampus terbaik di negeri ini seperti Unhas, UNM bahkan ada yang dari ITB, tapi saya membangun keyakinan diri bahwa  saya bisa dan mampu meskipun berasal dari daerah. Dengan modal mental tersebut saya mampu menyelesaikan seluruh tahapan tes dan mengalahkan alumni dari kampus terbaik.  Namun, pesan yang paling utama adalah doa Ibu. Hal tersebut terdengar sepele namun efeknyaluar biasa. Saya telah membuktikan hal tersebut. Kesulitan yang saya hadapi dalam tes, lewat doa Ibu, Allah berkenan memudahkan kesulitan tersebut. Semacam hal yang  ajaib, ” pesan alumni Pendidikan Bahasa Inggris  IAIN Palopo eksponen 2009 ini.

Salah satu alumni Universitas Cokroaminoto Palopo yang juga karyawan Hadji Kalla Palopo, Fadlianty Yahya mengatakan bahwa penting bagi mahasiswa untuk mempersiapkan mindset dan skill sejak dini agar bisa menembus dunia kerja, “Sukses menembus dunia kerja itu tidak melulu harus bekerja sesuai dengan disiplin ilmu. Background ilmu saya adalah Pendidikan Bahasa Indonesia, sangat berbeda dengan pekerjaan saya sekarang sebagai Marketing Staff di Hadji Kalla Palopo. Alhamdulillah, saya tetap bisa mengerjakan pekerjaan tersebut. Saya tetap bisa bersaing dalam artian positif dengan rekan kerja yang memang disiplin ilmunya dibidang tersebut dan juga bisa tetap berprestasi. Saya bisa karena sejak masa kuliah, saya telah mempersiapkan diri untuk bekerja lintas disiplin ilmu. Saya sudah melakukan antisipasi akan adanya kemungkinan bekerja diluar jurusan saya. Dan ternyata prediksi saya benar. Untuk itu, saya menghimbau kepada adek-adek agar sejak dini melakukan persiapan, siapa tahu peluang kerja yang ada berbeda dengan disiplin ilmu. Seperti yang saya alami. ” tandas alumni tahun 2012 ini.

Mengakhiri Seminar Kalla Group Goes to Campus, officer Educare Yayasan Kalla, Ali Syahbana, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh civitas akademi kampus atas kesediaan bekerjasama dalam penyelenggaran kegiatan tersebut, “Kalla Group melalui Yayasan Kalla ingin menyampaikan bahwa selaku perusahaan besar yang  lahir dari kearifan lokal Sulawesi Selatan kami ingin menunjukkan bahwa bahwa kami bukan hanya  berorientasi profi tapi juga kami berorientasi manfaat dengan berbagi  kepedulian dan memberdayakan masyarakat sebagaimana pesan pendiri perusahaan ini, Bapak almarhum Hadji Kalla dan Bapak Jusuf Kalla,” tutup  penanggung jawab Kalla Grop Goes to Campus ini. (Ali_)

 

2016-11-17T01:35:56+00:00