YayasanHadjiKalla.co.id – Kamis, 2 Februari 2017 pukul 08.30 – 12.00 WITA diselenggarakan Kalla Goes To Campus di Aula Lantai 3 Gedung Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP). Seminar ini bekerjasama dengan Career Centre and Trace Study Kampus PNUP.

Dengan mengusung tema “Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Dalam Bidang Konstruksi” dengan harapan dapat memberikan gambaran kepada peserta dalam kesiapan menghadapi dunia kerja kelak, karena mayoritas peserta berasal dari mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, Mesin, Arsitektur dan Teknik Kimia.

Acara yang diikuti sekisar 400 peserta ini dibuka oleh Ibu Yuliani HR, ST.M. Eng selaku ketua Career Centre and Trace Study PNUP. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasinya terhadap Yayasan Hadji Kalla  yang terus berkesempatan berbagi pengetahuan dan memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa PNUP.

Dalam sesi materi K3 ini menghadirkan pembicara dari PT. Bumi Karsa. Sebelum memasuki materi inti, supervisor program Desa Bangkit Sejahtera (DBS) dan Kota Kampung Kita diberi kesempatan untuk berbagi pengalaman tentang kegiatan ataupun isu yang bisa dikembangkan sebagai bahan penelitian di desa. Seminar ini juga sekaligus sebagai sosialisasi beasiswa tugas akhir bagi mahasiswa PNUP.

Kordinator HSE PT. Bumi Karsa, Muh. Jabbar, Amd CST membahas tentang bagaimana melakukan manajemen risiko K3, penilaian dan pengendaliannya, karena pekerjaan konstruksi adalah penyumbang terbesar di Indonesia terhadap kecelakaan kerja pekerjanya.

Muh. Jabbar mempertegas bahwa para peserta ini adalah calon-calon konstruksi yang akan melakukan proyek besar nantinya, bayangkan jika kita tidak memiliki pemahaman sejak dini terkait K3.

Selain tentang penerapan K3, Muh. Jabbar juga menyampaikan beberapa kasus yang dialami para pekerja karena tidak memperhatikan keselamatan pada saat bekerja.

Para peserta nampak antusias mengikuti jalannya kegiatan ini, terlihat dari banyaknya tanggapan maupun pertanyaan yang dilontarkan saat sesi diskusi baik itu tentang materi K3 maupun beasiswa tugas akhir.

 

2017-02-02T08:12:15+00:00