YayasanHadjiKalla.co.id, Pangkep – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti)  Prof. M. Nasir, Ph. D, Ak. turut menyaksikan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Pakta Persetujuan antara Yayasan Hadji Kalla dan Politeknik Negeri Pertanian (Politani) Pangkep, Rabu (9/8).

Pihak Yayasan Hadji Kalla diwakili oleh Muhammad Zuhair sebagai Koordinator Umum sedangkan pihak Politani Pangkep diwakili oleh Dr. Ir. H. Darmawan, MP selaku Direktur.

Beberapa point yang tertuang dalam MoU  tersebut antara lain  Kerjasama Pengembangan KKN dan PPL Partnership, Program Beasiswa Tugas Akhir, Kuliah Umum (Kalla Group Goes to Campus), Penyerapan alumni menjadi tenaga kerja di Yayasan maupun SBU Kalla Group, Peningkatan kapasitas guru di daerah dan pemberdayaan masyarakat desa.

Menteri Nasir yang memberikan kuliah umum setelah penandatangan MoU tersebut mengatakan bahwa sudah saatnya industri dan Perguruan Tinggi (PT) menjalin hubungan simbiosis mutualisme. “Secara kualitas, Pergurun Tinggi kita masih kalah dibandingkan China meski secara kuantitas kita unggul dari mereka. Alumni PT kita tidak sesuai kebutuhan industri. Untuk itu, PT harus berkolaborasi dengan industri sehingga mereka dapat memiliki kompetensi yang baik. ” tandasnya.

Menteri Nasir menambahkan bahwa peningkatan alumni PT ini dapat ditempuh melalui pola kemitraan PT dengan industri. Ada beberapa pilihan yang dimiliki oleh industri diantaranya  industri dapat mendirikan Politeknik, menyediakan  praktisi, atau  menyediakan tempat magang bagi calon alumni PT. Sebaliknya PT juga harus berbenah, kurikulumnya dapat diperbaharui dengan kebutuhan dunia industry dan memperpanjang masa pemagangan minimal satu tahun.

Sementara itu, menurut  Supervisor  Program Educare Yayasan Hadji Kalla, Ahmad Ali Syahbana mengatakan bahwa sementara ini Yayasan Hadji Kalla telah melaksanakan program Kompetisi Beasiswa Tugas Akhir, “Saat ini kami sementara mengusulkan pemagangan bagi mahasiswa Politani Pangkep melalui program Beasiswa Calon Pemimpin Bangsa dan KKN Partnership serta beberapa program lainnya yang telah tertuang di MoU. Inilah bentuk kontribusi kami dalam peningkatan kualitas PT. ” tutup pria yang akrab disapa Ali ini.

2017-08-15T06:24:43+00:00