Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Pada awal 2020, dunia diterpa oleh pandemi Covid-19 yang membuat setiap orang harus bisa beradaptasi dengan berbagai kebiasaan baru seperti, memakai masker, rutin mencuci tangan hingga menjaga jarak. Kondisi tersebut membuat banyak individu peduli dan memilih untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat untuk setidaknya bisa terhindar dari paparan virus.

Sri Rahmayanti, seorang Mahasiswi Program Studi Ilmu Gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin Makassar memulai kegiatan sosialnya, membantu anak-anak di Panti Asuhan At-Tin, BTP Kota Makassar, (09/08/2020). Sri Rahmayanti adalah salah seorang penerima Beasiswa Mahasiswa Sulsel dari Yayasan Hadji Kalla. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana setiap penerima beasiswa harus menjalani pengabdian di desa binaan dan membantu program-program Desa Bangkit Sejahtera, maka tahun ini, para penerima beasiswa harus menjalankan kegiatan-kegiatan sosial untuk membantu masyarakat luas, hal tersebut tentu karena terpaan pandemi yang melanda hampir seluruh wilayah di Indonesia sehingga banyak wilayah ditutup.

Kegiatan yang dilakukan oleh Sri dan teman-temannya adalah berupa bakti sosial kepada anak-anak panti asuhan At-Tin, BTP Kota Makassar. “Bakti sosial yang saya dan teman-teman lakukan ini merupakan salah satu wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia, terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi sekarang ini mempengaruhi ekonomi dan kesehatan tak terkecuali bagi adik-adik yang berada di panti asuhan. Oleh karena itu, bantuan kita sangat dibutuhkan oleh mereka. Salah satunya adalah tentang bagaimana adik-adik di panti asuhan diedukasi mengenai bahaya Covid-19”, terang Sri Rahmayanti

Meskipun ini adalah project pribadi Sri sebagai bagian dari Beasiswa Mahasiswa Sulsel, Ia tetap mendapat bantuan dari teman-temannya sesama mahasiswa dalam melaksanakan tugas kemanusiaan sebagai relawan. Kegiatannya ini melibatkan beberapa mahasiswa Universitas Hasanuddin yang menjadi relawan membantu melakukan sosialisasi dan edukasi.

     “Kegiatan ini menyasar adik-adik yang berada di Panti Asuhan At-Tin, terutama adik-adik yang duduk bangku Sekolah Dasar. Di awal saya menyebarkan informasi mengenai kegiatan bakti sosial serta edukasi kepada beberapa mahasiswa di lingkungan kampus kemudian saya dan teman-teman mengumpulkan donasi untuk kemudian digunakan membeli pakaian anak dan Al-Qur’an untuk kami bawa dan disumbangkan ke panti asuhan”, tandas Sri.

Ia dan teman-temannya menyiapkan materi mengenai pengetahuan dasar tentang Covid-19 dan cuci tangan yang baik dan benar. Agar anak-anak tidak bosan, dibuat pula kuis atau pertanyaan mengenai pengetahuan dasar tentang Covid-19 dan cuci tangan yang baik dan benar.

Dalam pantauan Redaksi Yayasan Kalla, kegiatan yang dilakukan oleh Sri dan teman-temannya ini disambut baik oleh anak-anak dan pengurus Panti Asuhan At-Tin. Anak-anak terlihat gembira dan antusias mengikut arahan dari Sri dan teman-temannya.

Ibu Hajrah, salah seorang pengurus panti asuhan berujar bahwa Ia senang mendapat kunjungan dan bantuan dari Sri dan teman-temannya. Anak-anak yang ada di panti menjadi gembira dan mendapat hiburan sekaligus belajar.

“Dengan terlaksananya kegiatan ini, kami mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga kegiatan ini dapat berjalan sesuai harapan kami semua. Begitu juga ucapan terima kasih kepada Yayasan Hadji Kalla yang memberikan saya beasiswa serta menjadi pendorong dan penyemangat saya untuk bisa lebih peduli kepada masayarakat dan lingkungan. Saya dan teman-teman berharap anak-anak di panti asuhan ini selalu sehat dan semoga pandemi ini segera berlalu. Sekali lagi terima kasih”,  jelas Sri Rahmayanti.

Sebelumnya kita ketahui bahwa Yayasan Hadji Kalla melalui Bidang Educare memiliki beberapa program beasiswa, salah satunya adalah Program Beasiswa Mahasiswa Sulsel yang memberikan bantuan pendanaan kepada mahasiswa-mahasiswa asal Sulawesi Selatan yang tengah menempuh pendidikan di berbagai Perguruan Tinggi terbaik yang ada di Indonesia, dengan beasiwa ini, diharapkan mampu menciptakan generasi-generasi muda yang punya kepedulian sosial tinggi terhadap masyarakat dan lingkungan.

Saat ini Yayasan Hadji Kalla tengah membuka Program Beasiswa Mahasiswa Sulsel tahun 2020, bagi anda yang berminat untuk menjadi penerima selanjutnya dari beasiswa ini, silahkan mendaftar melalui website resmi Yayasan Hadji Kalla atau klik tautan berikut: http://bit.ly/beasiswamahasiswasulsel

(Bur)