Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Yayasan Hadji Kalla baru saja membuka pendaftaran untuk program pelatihan terpadu. Program ini nantinya akan diberikan kepada tiga kelompok target penerima manfaat, yakni, kelompok disabilitas, yatim piatu dan mahasiswa lulusan baru dari perguruan tinggi. Pendaftaran dibuka sejak tanggal 18 Agustus hingga 17 September 2021 mendatang. Pelatihannya sendiri akan digelar pada bulan November 2021 mendatang dan bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK).

Suharto Parai selaku Manager Educare; Yayasan Hadji Kalla mengungkapkan bahwa sasaran program pelatihan ini ada tiga, yakni kelompok mahasiswa fresh graduate, kelompok disabilitas, dan para anggota binaan panti asuhan di wilayah Makassar, Gowa, dan Maros. Ada tiga program pelatihan yang akan dijalankan secara bersamaan dengan tiga tipe penerima manfaat yang berbeda-beda.

“Secara keseluruhan, ketiga program pelatihan ini menargetkan kelompok penerima manfaat yang layak dan membutuhkan. Dengan adanya pelatihan, diharapkan para penerima manfaat bisa mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih baik. Setelah batas akhir pendaftaran di bulan september, tim Yayasan Hadji Kalla akan melakukan verifikasi calon peserta. Setelah itu, maka program akan langsung dijalankan,” ujar Suharto Parai.

Ketiga program pelatihan yang akan dihadirkan diantaranya Program Career and Coaching, Program Tenaga Kerja Disabilitas Siap Kerja, dan Program Yatim Piatu Berdaya. Program Career and Coaching merupakan program pembinaan karir untuk para mahasiswa yang baru lulus dari universitas. Melalui program ini, mereka diharapkan dapat membantu mempersiapkan para mahasiswa yang baru lulus dalam memilih profesi atau bidang kerja yang sesuai dengan keahlian mereka. Termasuk dalam menghadapi dunia kerja, dan mempunyai gambaran mengenai situasi pada saat melamar pekerjaan.

Berikutnya ada Program Tenaga Kerja Disabilitas Siap Kerja yang merupakan program pelatihan khusus bagi penyandang disabilitas agar memiliki keahlian dan keterampilan yang diharapkan mampu menjadi bekal dan modal utama dalam bekerja atau berwirausaha sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup mereka di masa yang akan datang.

Dan yang terakhir, program Yatim Piatu Berdaya. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan kerja para anak binaan panti asuhan. Dimana setelah mengikuti pelatihan, mereka diharapkan siap memasuki dunia kerja ataupun membuka usaha secara mandiri sesuai jenis pelatihan yang diikuti.

Calon peserta yang ingin mendaftarkan diri wajib mengisi form pendaftaran atau link yang telah disediakan oleh Yayasan Hadji Kalla, yakni: (bit.ly/careercoachingYHK2021, bit.ly/yatimpiatuberdaya, bit.ly/nakersikerdisabilitas). Setiap pendaftar kemudian diwajibkan untuk memilih salah satu program pelatihan yang ditawarkan seperti Career Coaching, Tenaga Kerja Disabilitas Siap Kerja, atau Yatim Piatu Berdaya.

Seluruh persyaratan setiap program dapat diakses melalui link yang telah dibuat. Setiap pelatihan memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Namun memiliki syarat utama, yakni peserta harus berasal dari kelompok asnaf dhuafa yang patut mendapatkan bantuan, dan berasal dari wilayah Makassar, Gowa, dan Maros.

Suharto menambahkan bahwa program ini secara umum bertujuan membantu para mustahik (penerima) manfaat untuk meningkatkan kemampuan diri, serta skill agar dapat bersaing di masa depan, membawa manfaat untuk masyarakat luas. “Setelah mengikuti program pelatihan dari Yayasan Hadji Kalla, maka setiap peserta bisa mendaptkan ilmu dan skill baru di dunia kerja dan usaha sehingga mampu bersaing di masa yang akan datang,” tutupnya.

Untuk mengetahui informasi terbaru mengenai Yayasan Hadji Kalla, masyarakat dapat berkunjung ke Instagram, Facebook, dan Twitter dengan nama akun @yayasankalla. Dan website resmi di www.yayasanhadjikalla.co.id. Atau dapat menghubungi hotline Kalla Care di nomor Whatsapp 0811 4414 030, dan nomor 0411 300 0103.

(Br)