Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Sejalan dengan tindakan pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19 di Indonesia, gabungan relawan di Kota Makassar turut mengambil bagian untuk menjadi Satuan Tugas (Satgas) Relawan Covid-19 melalui Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC-19) Makassar. RSDC-19 Makassar yang bekerja sama dengan Yayasan Hadji Kalla melalui program aktif positif hadir untuk membantu masyarakat melalui pelayanan screening pra-hospital Covid-19 serta berusaha untuk menurunkan angka keterjangkitan virus. Rumah Sakit Darurat ini berada di Rumah Sakit Umum Sayang Bunda Makassar, Jalan Hertasning No. 52, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Rumah sakit darurat ini berhasil dibentuk berkat kerjasama antara relawan, komunitas dan Yayasan Hadji Kalla sehingga RSDC-19 dapat menjalankan operasional dan membantu masyarakat selama pandemi.

Melalui Program Aktif Positif oleh Bidang Educare, Yayasan Hadji Kalla yang memberikan dukungan pendanaan dalam program ini, tentu memberikan dampak yang sangat besar, selain mendukung kegiatan secara penuh, para relawan secara tidak langsung, menjadi tahu bahwa Yayasan Hadji Kalla hadir sebagai lembaga sosial yang bisa memberikan bantuan untuk kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat meski masih dalam terpaan pandemi Covid-19.

Untuk diketahui bahwa Rumah Sakit Darurrat ini memberikan beberapa pelayanan di antaranya; memberikan layanan kesehatan berupa screening Covid-19 melalui beberapa gold standard diagnostik Covid-19, memberikan edukasi kepada seluruh elemen masyarakat tentang Covid-19, serta menyediakan seluruh sarana dan prasarana medis dan non-medis untuk menunjang operasional layanan kesehatan.

Dipantau langsung oleh redaksi Yayasan Kalla, Rumah Sakit Darurat Covid-19 yang berada di Rumah Sakit Umum Sayang Bunda Makassar, Jalan Hertasning No. 52, Kota Makassar, Sulawesi Selatan telah memiliki Bilik Sterilisasi untuk digunakan oleh masyarakat. Di tempat tersebut juga dilengkapu dengan ruang tunggu yang tertata dengan jarak kursi masing-masing dua meter.

Para petugas yang berjaga, memberikan edukasi mengenai Covid-19, mulai dari cara mencuci tangan dengan baik hingga membiasakan untuk menggunakan masker saat berkegiatan di kuar ruangan. Adapula konsultasi dokter/dokter spesialis, pemeriksaan darah lengkap, pemeriksaan radiologi (foto thorax), layanan farmasi, dan pemeriksaan rapid test (sesuai indikasi) hingga layanan pemeriksaan PCR/Swab test.

Setiap harinya, Rumah Sakit Darurat Covid-19 ini, pada pukul 08.00 pagi melakukan sterilisasi dan pembersihan kawasan rumah sakit. Dari semua sektor zona dan pos masing-masing telah bersiap untuk pelayanan. Pukul 09.00 dimulai registrasi pasien sampai pukul 12.00 WITA. Setelah pelayanan medik berakhir, kembali dilakukan sterilisasi di setiap zona pada pukul 12.30 Wita dan ditutup dengan briefing akhir operasional. Sejauh ini, RSDC telah beroperasi selama sekitar tiga setengah bulan dan telah memberikan pemeriksaan dan pengobatan kepada 3223 orang .

Seluruh Operasional Rumah Sakit Darurat didukung secara swadaya dan mandiri yang bertumpu pada donasi masyarakat dan dikelola oleh Satgas Relawan RSDC. “Dengan segala kerendahan hati, kami segenap Relawan Rumah Sakit Covid-19 Makassar mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah ikhlas membantu kami baik dalam bentuk donasi materil maupun non-materil, terutama kepada Yayasan Hadji Kalla melalui program aktif positif yang dananya kami pakai untuk operasional dan pembelian beberapa alat kesehatan serta membuat bilik sterilisasi yang ada di RSDC ini, sekali lagi terima kasih”, ujar Sahrul Fajar Perdana, Koordinator Lapangan RSDC Makassar.

(Bur)