Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Covid-19 di Indonesia memiliki dampak multi sektor, dari kesehatan, pendidikan, sosisal, ekonomi, hingga aktivitas beribadah masyarakat. Dampak pada sektor-sektor tersebut kian hari mulai di rasakan masyarakat.

Makassar menjadi wilayah yang juga terdampak, di mana telah terkonfirmasi adanya ribuan kasus positif Covid-19 dan juga ribuan orang dalam status ODP dan PDP. Melihat kondisi tersebut, Sikola Inspirasi Alam sebagai lembaga sosial yang bergerak dalam bidang pendidikan, dibantu oleh Yayasan Hadji Kalla menganggap perlu adanya tindakan penganangan dan pencegahan penyebaran covid-19 khususnya di Kota Makassar dengan wilayah kerawanan tinggi seperti Kecamatan Panakkukang, Kecamatan Biringkanaya, Kecamatan Manggala dan beberapa wilayah lain di sekitaran Kota Makassar.

Kegiatan ini diharapkan mampu mencegah penyebaran virus di wilayah pemukiman padat dengan melakukan kiat penyuluhan kepada warga serta membagikan sembako untuk warga dhuafa.

Kegiatan dari para relawan Sikola Inspirasi Alam ini diberi nama Sikola Tanggap Covid Berbagi Sembako. Kegiatan ini bekerja sama dengan Yayasan Hadji Kalla sebagai donatur program.

Kegiatan bantuan terhadap warga yang terdampak Covid-19 ini dimulai dengan koordinasi pihak terkait, pemutakhiran data warga dhuafa, sehingga bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran.

Kegiata Sikola Tanggap Covid ini menyasar 15 kecamatan dan membagikan setidaknya sebanyak 50 paket sembako untuk warga yang membutuhkan. Kegiatan melibatkan beberapa unsur-unsur sentral yang ada di kecamatan agar kegiatan bisa terarah dan terkoordinasi sesuai dengan petunjuk teknis dan pelaksanaan yang telah diatur oleh pemerintah.

Kegiatan di Sikola Tanggap Covid ini berlangsung sejak awal juni 2020 yang lalu. Tenri Anggraeni selaku penanggung jawab kegiatan dari Sikola Inspirasi Alam menyatakan bahwa semoga dengan adanya kegiatan yang berkolaborasi bersama Yayasan Hadji Kalla terkait penanggulangan Covid-19 bersama Sikola Tannggap Covid bisa membantu meringankan beban warga yang terdampak. Bantuan berupa sembako tentu bisa membawa kebahagiaan bagi para warga di tengah pandemi ini.

(Bur)