Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan fadhilah (keutamaan) di mana setiap orang berlomba-lomba untuk beramal shalih. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengelolaan yang baik untuk merencanakan dan mengisi Bulan Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan positif yang mendukung upaya menggapai Rahmat dari Allah SWT., di Bulan Ramadhan.

Berbeda dengan Ramadhan di tahun-tahun sebelumnya, Bulan Ramadhan tahun 2020 ini menjadi berbeda dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang telah menghantui masyarakat dunia dan Indonesia tak tekecuali di Kota Makassar. Banyak sektor yang terpengaruh karena adanya pandemi ini, mulai dari sektor ekonomi, sosial hingga pemerintahan. Walaupun di tengah pandemi yang mewabah dan menjadi bencana ini masih tetap ada kalangan muda yang peduli dan terus membantu, begitu pula dengan Kota Makassar yang tidak kehabisan orang-orang baik yang tergerak untuk menggagas sebuah proyek kolaborasi dengan tema “Pelangi Ramadhan: Aksi Solidaritas Untuk Peduli Sesama” yang diikuti oleh puluhan komunitas se-Kota Makassar.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Bidang Educare Yayasan Hadji Kalla dengan tujuan untuk; mengisi bulan ramadhan dengan kegiatan-kegiatan positif untuk memperbanyak amal ibadah, meningkatkan kepekaan dan kepeduliaan untuk selalu berbagi dalam rangka beribadah kepada Allah SWT., serta berbagi keceriaan di tengah wabah Covid-19 bersama anak yatim, fakir miskin dan dhuafa serta para tenaga medis yang berada di garis depan melawan pandemi Covid-19.

Kegiatan yang bertema “Ramadhan Collaboration Project (Proyek Kolaborasi Ramadhan) 2020 : “Pelangi Ramadhan: “Aksi Solidaritas untuk Peduli Sesama” ini menargetkan untuk membantu anak yatim, fakir miskin, dhuafa serta tenaga medis yang berada di garda terdepan di Kota Makassar.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh 30-komunitas se-Kota Makassar ini adalah berupa penyaluran bantuan hasil donasi ke anak yatim, fakir miskin, dhuafa serta tenaga medis, mulai dari sembako, obat-batan, masker hingga Alat Pelindung Diri.

Tercatat ada 100 paket bantuan yang dibagikan oleh tim Pelangi Ramadhan kepada para dhuafa yang ada di lima kecamatan yang ada di Kota Makassar di akhir ramadhan lalu. Bantuan yang diberikan berupa paket sembako dan masker.

Nawir, selaku koordinator lapangan dari tim Pelangi Ramadhan menyampaikan bahwa Ia dan timnya terjun langsung dalam penyaluran dan berharap bahwa apa yang Ia dan teman-temannya lakukan walaupun tidak banyak tapi semoga bisa membantu dan membawa kebahagiaan bagi para kaum dhuafa yang sangat membutuhkan di tengah kondisi yang sulit karena pandemi.

“Saya bersama teman-teman turun langsung membagikan bantuan ini, yah walaupun tidak banyak tapi semoga bisa membantu dan membawa kebahagiaan untuk para warga dhuafa yang membutuhkan di sekitaran Kota Makassar ini”, ujarnya.

Ia juga mewakili tim Pelangi Ramadhan mengucapkan terima kasihnya kepada Yayasan Hadji Kalla karena telah membantu pendanaan dalam kegiatan tersebut dan berharap bahwa akan terus ada kerja sama serupa yang bisa disinergikan untuk bisa membantu lebih banyak orang yang membutuhkan.

 

(Bur)