Yayasanhadjikalla.co.id; Luwu – Bantuan peralatan belajar sampai ke Kabupaten Luwu diserahkan langusng oelh Yayasan Hadji Kalla kepada 185 siswa(i) di SDN 16 Kaili. Bantuan diberikan untuk anak-anak berprestasi dan dhuafa dari desa setempat pada Jumat, (18/9/2020).

Bertempat di SDN 16 Kaili, Desa Kaili, Kec. Suli Barat, Kab. Luwu. Pemberian bantuan diserahkan langsung Manager Bidang Educare Yayasan Hadji Kalla, Suharto Parai didampingi Kepala Seksi Disdikpora Luwu dan Kepala Kecamatan Suli dan diterima oleh Kepala Desa Kaili bersama Kepala SDN 16 Kaili, juga Pendamping DBS Yayasan Hadji Kalla, Muhammad Akhsan.

Desa Kaili merupakan salah satu desa binaan Yayasan Hadji Kalla melalui program pemberdayaan tahun 2020 atau Desa Bangkit Sejahtera. Yayasan Kalla hadir di desa tersebut dengan melaksanakan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat. Salah satu program dari bidang pendidikan yakni pemberian tas sekolah dan alat tulis.

Camat Suli Masdin, S.Sos, mengatakan, bantuan yang diberikan sangat berguna sehingga bisa membantu mewujudkan tujuan negara yakni salah satunya mencerdaskan kehidupan bangsa. “Saya harapkan bantuan ini dapat memicu kembali semangat belajar siswa di era pandemi covid-19 ini khususnya di pelosok desa seperti di desa kita ini”, singkatnya.

Melalui bantuan tersebut pemerintah desa berharap dapat memacu semangat generasi muda yang pada akhirnya menciptakan kalangan anak muda yang cemerlang. “Tentunya diharapakan semakin banyak muncul siswa-siswi cemerlang dan berprestasi di kemudian hari untuk membangun desa kedepannya.” Ujar Kepala Desa, Kaharuddin.

Kepala Seksi Disdikpora Luwu, Andi Munir Sila menyampaikan harapannya agar tidak hanya satu atau dua sekolah (yakni; SDN 16 Kaili) yang mendapat bantuan ini, akan tetapi lebih banyak lagi sekolah yg diberikan bantuan seperti ini di masa mendatang.

“Bantuan sosial ini merupakan salah satu wujud kepedulian terhadap sesama dengan harapan anak-anak semakin semangat dalam belajar dan mengejar cita-cita agar kelak menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa”, tutur Akhsan, Fasilitator desa DBS.

Selain Desa Kaili, ada pula Desa Malewong yang juga berada di Kabupaten Luwu yang sekolahnya mendapatkan bantuan peralatan blajar. Sri Ahriani, Pendamping DBS di desa tersebut juga menjadi wakil Yayasan Hdaji Kalla dalam penyaluran bantuan.

“Alhamdulillah, hari ini Desa Malewong mendapat bantuan tas 100 paket dari Bidang Educare YHK untuk adik-adik kita di SDN 427 Malewong dan dihadiri oleh staff perwakilan dari Disdik serta aparat Desa Malewong’, ujar Ani, sapaan akrabnya.

“Mendengar akan ada bantuan tas, adik-adik begitu antusias untuk datang ke sekolah meskipun harus berjalan beberapa kilometer”, lanjutnya.

“Kami sangat senang, semoga dengan adanya bantuan seperti ini dapat menambah semangat anak-anak kami untuk tetap belajar dan terus bersekolah. Sebagian bantuan ini juga akan kami salurkan ke kelas jauh SDN 427 Malewong serta di SDN 641 Palakka, salah satu dusun terjauh di desa ini”, Jelas Pak Nakis salah seorang guru.

“Sekolah di desa saat ini tetap dilanjutkan dengan sistem bergantian per-harinya. Setiap Senin diisi oleh kelas 1, Selasa kelas 2, dan seterusnya. Saat tidak ada kelas, adik-adik di sini ikut ke kebun untuk membantu orang tua”, terangnya.

Tidak hanya di Kabupaten Luwu, Yayasan Hadji  Kalla berkomitmen untuk terus memberikan manfaat khususnya di bidang pendidikan di banyak kabupaten lain di Sulawesi Selatan.

(Bur/Akhsan/Ani)