YayasanHadjiKalla.co.id, Maros – Sebanyak 1500 bibit pohon Mahoni ditanam di sepanjang pinggiran jalan Dusun Pangembang dan Batu Lotong, Desa Pucak, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sabtu, (08/04/2017).

Kegiatan penghijauan yang digagas oleh Tim Agro and Green Care Yayasan Hadji Kalla, bekerjasama dengan Balai Pembenihan Tanaman Hutan (BPTH)  Provinsi Sulawesi Selatan wilayah Kabupaten Maros itu, mendapat dukungan dari pemerintah kabupaten, komunitas, lembaga ataupun instansi yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Sekisar 500 orang yang ikut menanam pohon, antara lain; mahasiswa Himpunan Mahasiswa Agribisnis (HIMAGRI) Universitas Muhammadiyah Makassar, siswa SMKN 4 Jeneponto, P2K Unismuh Makassar, JEPALA, BOPALA, Topanrita Makassar, Kunra Pala Makassar, SMAN 13 Tompobulu, SMPN 24 Tompobulu, Pemerintah Kecamatan Tompobulu dan Pemerintah Desa Pucak.

Manager BPTH Prov. Sul-Sel dalam hal ini Nasrullah, menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap program-program yang dijalankan oleh fasilitator Agro And Green Care Yayasan Hadji Kalla, khususnya kegiatan penghijauan seperti ini. Ia menambahkan bahwa ketika terdapat lokasi yang ingin dihijaukan, pihak BPTH siap bekerjasama dalam menyiapkan bibit untuk ditanam.

“Kegiatan penghijauan ini adalah salah satu program yang juga merupakan amal jariyah atau amal yang tidak terputus karena dengan menanam pohon akan besar manfaatnya untuk lingkungan,” ujar Muhammad Muhajirin, selaku Section Head Agro and Green Care Yayasan Hadji Kalla dihadapan para relawan di sela-sela acara sambutan.

Manager Community Care & Development Yayasan Hadji Kalla, Abdul Hakim yang turut hadir menyampaikan bahwa program penghijauan ini akan kita laksanakan juga di desa binaan program Desa Bangkit Sejahtera (DBS) dan tentunya dengan bekerjasama dengan Bidang Agro & Green Care YHK dan BPTH Provinsi Sulsel selaku penyedia bibit pohon.

Di sela-sela penanaman, pihak penyelenggara juga memberikan pembelajaran kepada anak-anak ataupun remaja yang mengikuti acara tersebut untuk peduli lingkungan sejak dini. Harapannya dengan memiliki kesadaran menjaga lingkungan sejak usia dini, saat mereka dewasa akan benar-benar bisa berkontribusi untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Aksi penghijauan yang dilakukan oleh Yayasan Hadji Kalla, bukan yang pertama kali. Sebelumnya digelar aksi penghijauan 5000 bibit pohon di desa yang sama namun di dusun yang berbeda. Kegiatan ini juga terlaksana berkat kerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Agribisnis Unismuh Makassar yang dirangkaikan dengan acara Latihan Dasar Kepemimpinan Bertemakan “Selamatkan Negeri Ini dengan Menanam Pohon”. Ujar, Asrianto selaku PIC Penghijauan AGC. (Surianti Kalib)

 

2017-04-10T05:43:07+00:00