YayasanHadjiKalla.coid, Bone – Tim Agro & Green Care Yayasan Hadji Kalla bersama dua orang petani bawang merah Desa Mallari, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone menghadiri pertemuan pembentukan pengurus Kerukunan Petani Bawang Merah Kabupaten Bone (25/02).

Hadir dalam acara tersebut mayoritas petani bawang merah dari Desa dan Kecamatan yang berada  di wilayah Bone.

Pembentukan kerukunan ini di inisiasi oleh bapak A. Herman yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bone.

Kerukunan petani bawang merah bermula di Desa Lampoko Kabupaten Bone. Namun ketika menghadiri acara panen perdana bawang merah di Mallari, awal februari lalu, masyarakat berharap kedepan kelompok ini bisa melibatkan seluruh petani bawang merah yang berada di Bone.

Tujuannya, selain sebagai wadah pembelajaran dan berbagi pengalaman tentang pertanian khususnya bawang merah, juga untuk memetakan pemasaran hasil panen, serta petani tidak bingung lagi mencari  pembeli.

Kepengurusan ini pula menjadi ajang silaturrahim para petani bawang merah dan mitra kerja atau kordinasi dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura Kabupaten Bone jika ada bantuan dalam hal sarana dan prasarana dalam pengembangan dan peningkatan bawang merah.

Rencananya, acara pengukuhan pengurus akan dilakukan langsung oleh Bapak Bupati Bone. Saat ini, masih menunggu konfirmasinya. (Aswad)

 

2017-03-12T11:43:13+00:00