Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Pandemi Covid-19 yang saat ini semakin mewabah di Indonesia tak terkecuali Kota Makassar. Wabah Covid-19 telah membuat berbagai pihak mendapat kesulitan, terutama bagi para masyarakat dhuafa dengan penghasilan harian. Kalangan masyarakat bawah banyak yang “dirumahkan” dari tempat mereka bekerja dan mencari nafkah. Mencegah semakin merebaknya virus menjadi alasan banyak tempat berhenti melakukan kegiatan ekonominya. Mereka para buruh harian lepas dan pekerja jalanan, banyak yang merasakan dampak dari berkurangnya pendapatan karena pandemi.

Melihat hal tersebut, memacu kepedulian Yayasan Hadji Kalla untuk turun membantu masyarakat kalangan bawah untuk bisa tetap bertahan di tengan pandemi yang melanda di Indonesia, khususnya di Kota Makassar, Ibukota Provinsi Sulsel. Sebanyak dua ribu paket sembako dibagikan kepada masyarakat dhuafa terdampak bencana Covid-19 sejak kamis hingga minggu (05/04/2020). Penyerahan paket sembako bertempat di Sekolah Islam Athirah Baruga, Jalan Raya Baruga, Antang, Makassar. Pembagian tersebar di berbagai wilayah seperti di Kelurahan Antang, Kelurahan Manggala, Kelurahan Borong, Kelurahan Bangkala dan Kelurahan Biring Romang.

Paket sembako dibagikan dengan sistem kupon, di mana sebelumnya tim Yayasan Hadji Kalla telah berkoordinasi dengan aparat dari kelurahan masing-masing mendata warga penerima manfaat. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran, opsi tersebut juga dipilih untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti desakan antar warga, untuk tetap bisa menjaga warga agar tidak berada dalam kerumunan, yang merupakan protokol pencegahan penyebaran virus.

Diwakili oleh pemerintah dari kelurahan yang bersangkutan datang ke Sekolah Islam Athirah Baruga untuk validasi data dan mengangkut paket sembako untuk warga menggunakan mobil truk dan pickup. Setelah itu, pemerintah setempat yang akan membagikan langsung paket sembako pada warga.

Suhardi Pata’, Ketua RW 01 dari Kelurahan Antang menyebutkan bahwa ada lima ratus Kepala Keluarga di wilayahnya yang mendapat bantuan Sembako Yayasan Hadji Kalla. Menjadi wilayah yang mendapat bantuan dari Yayasan Hadji Kalla tentu membuat Ia dan warganya sangat bersyukur bisa mendapat bantuan sembako di tengah kondisi yang semakin sulit karena wabah virus. Ia mewakili warga di wilayah Kelurahan Antang menyampaikan terima kasihnya kepada Yayasan Hadji Kalla yang tetap mecurahkan kepeduliannya kepada masyarakat.

“Jadi saya selaku Ketua RW dari wilayah Kelurahan Antang sangat bersyukur dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Yayasan Hadji Kalla hari ini karena telah memberikan warga paket sembako. Ini menjadi bukti bahwa Yayasan Kalla ini sangat peduli kepada masyarakat, apalagi sekarang ini masyarakat kita juga merasakan dampak dari penyebaran virus corona ini, banyak dari mereka yang akhirnya harus berhenti bekerja untuk sementara waktu, membuat mereka akhirnya tidak bisa mendapatkan pemasukan. Hingga akhirnya datanglah bantuan sembako dari Yayasan Hadji Kalla ini, yang bisa meringankan beban masyarakat kami”, tutur Suhardi.

Suhardi Pata juga berharap bahwa bantuan sembako dari Yayasan Hadji Kalla bisa semakin banyak menjangkau masyarakat miskin di wilayah lain selama masa darurat virus corona.

Ibu daeng. Kanang, salah seorang warga dari Kelurahan Biring Romang menyampaikan kesyukuran dan terima kasihnya karena bisa mendapat bantuan paket sembako dari Yayasan Hadji Kalla.

“Terima kasih banyak karena bisa-ka dapat ini sembako dari Yayasan Kalla, bersyukur sekali ki ini, apalagi sekarang tidak bisaki kerja keluar rumah gara-gara virus. Semoga bisa cepat hilang ini virus-ka supaya bisaki kembali kerja seperti biasa. Sekali lagi terima kasih bantuan sembako-ta dari Yayasan Kalla”, ujar daeng Kanang yang sehari-harinya bekerja sebagai buruh cuci ini.

Sementara itu, Ustad Kurni, selaku koordinator pembagian sembako dari Yayasan Hadji Kalla berharap bahwa semoga dengan adanya paket sembako yang dibagikan ini bisa membantu meringankan beban masyarakat selama masa darurat karena corona.

“Kami dari pihak Yayasan Hadji Kalla berharap dengan adanya bantuan ini, masyarakat bisa terbantu untuk tetap punya persediaan bahan pokok selama masa krisis ini. Rencananya kami akan kembali membagikan paket sembako tahap dua untuk bisa menjangkau lebih banyak warga lagi”, tandasnya.

Rencananya, Yayasan Hadji Kalla akan kembali membagikan paket sembako kepada warga dalam jumlah yang lebih banyak untuk bisa menjangkau dan membantu masyarakat dhuafa lebih banyak.

(Bur)